Susy Susanti Ingin Atlet Tingkatkan Kualitas Latihan

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 08 Feb 2019, 23:00 WIB
Susy Susanti Ingin Atlet Tingkatkan Kualitas Latihan

Gregoria Mariska Tunjung-Susy Susanti/[Foto:PBSI]

Berita Badminton : Demi meningkatkan level permainan para pemainnya, PBSI menghimbau para pemain Pelatnas Cipayung untuk terus bekerja keras di setiap kesempatan, meskipun hanya sekedar latihan biasa.

Menurut Kepala Pengembangan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti, pola pikir pemain harus terus diasah sedari awal latihan dan etos kerja itulah yang akan coba ditekankan kepada para pemain agar terbiasa ngotot dalam latihan dan terbawa hingga pertandingan.

"Mengatasi tekanan di pertandingan harus dibiasakan dari latihan. Contoh, kalau sudah capek di latihan, kadang masih nawar, kalau ketat, ya sudahlah, pasrah. Waktu latihan drilling 100 bola, kadang kalau sudah capek, dinyangkutin, kebiasaan di latihan itu akan kebawa, jadi cepat menyerah lah, kalau bola susah nggak mau diambil lah. Lebih baik di latihan mikir yang terjelek dulu, kalau nanti nggak sejelek itu di pertandingan kan enak kitanya main," ujar Susy.

Susy menambahkan bahwa situasi memang berbeda saat latihan dengan pertandingan resmi, di mana ada pressure dari sang lawan maupun para pendukung yang membuat mental pemain bisa turun di awal pertandingan. Meskipun begitu, jika pemain sudah terbiasa menghadapinya sedari latihan, pemain tersebut akan tetap fight menghadapi situasi sesulit apapun.

Susy juga mencontohkan apa yang dilakukan oleh pasangan ganda putra peringkat satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang mempunyai etos kerja tinggi yang membuat mereka mampu mendominasi sektor ganda putra dalam dua tahun terakhir.

"Contohnya Kevin/Marcus, dari latihan sudah beda kualitasnya. Lihat Marcus, datang lebih pagi, pulang belakangan. Apa yang dia rasa masih kurang, dia ikut tambahan. Kevin kalau latihan kelihatan sekali tidak mau kalah. Coba lihat mereka di pertandingan, saat poin ketat, tidak mau kalah, karena mereka sudah biasa menghadapi situasi begini di latihan," ujar Susy.

Kesiapan para pemain Pelatnas akan kembali diuji dalam tour Eropa yang akan dimulai di turnamen Spanyol Masters 2019 World Tour Super 300 yang akan berlangsung pada 19 hingga 24 Februari 2019 mendatang.

Artikel Tag: Susy Susanti, Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldi Gideon, PBSI

676  
Komentar
Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini