Wakil Singapura Terry/Han Kecewa Gagal Jegal Rinov/Pitha ke Olimpiade Paris

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 20 Apr 2024, 18:00 WIB
Wakil Singapura Terry/Han Kecewa Gagal Saingi Rinov/Pitha ke Olimpiade

Terry Hee-Jessica Tan/[Foto:Straitstimes]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Selama 34 menit, Terry Hee dan Jessica Tan berusaha menyamai intensitas lawan mereka yang menduduki peringkat 1 dunia asal China , Zheng Siwei dan Huang Yaqiong. Namun usaha mereka sia-sia.

Di tengah banyaknya aksi reli dan smash, pasangan Singapura ini tidak hanya kalah 21-11, 21-11 dari favorit tuan rumah di babak 16 besar Kejuaraan Bulu Tangkis Asia di Tiongkok pada 11 April, namun juga kehilangan peluang untuk meraih kemenangan langsung yakni tempat untuk Olimpiade Paris karena kalah bersaing dengan pasangan Indonesia, Rinov Rivaldy / Pitha Haningtyas Mentari.

Terry Hee dan Jessica Tan, yang berada di peringkat ke-19 dunia, harus memperpanjang masa tinggal mereka dalam kompetisi di Pusat Olahraga Olimpiade Ningbo untuk mendapatkan poin yang cukup untuk naik peringkat untuk mendapatkan tiket ke Paris.

Hanya ada 16 slot untuk nomor ganda di Olimpiade, dibandingkan dengan 38 slot untuk nomor tunggal.

13 pasangan pertama yang memenuhi syarat akan dialokasikan slotnya melalui peringkat Race to Paris, yang menghitung poin mereka selama jendela kualifikasi mulai 1 Mei 2023 hingga 28 April 2024. Tiga tempat selebihnya diberikan kepada juara kontinental Amerika, Afrika dan Oseania.

Pada tanggal 9 April, Hee dan Tan tertinggal 2.904 poin dari posisi ke-13 yang ditempati oleh Rinov Rivaldy dan Pitha Mentari asal Indonesia.

Pasangan suami istri ini mengatakan melalui Asosiasi Bulutangkis Singapura (SBA): “Kami melakukan yang terbaik yang kami bisa hari ini, tapi tentu saja kami kecewa dengan hasilnya, meskipun skornya lebih jauh dari pertemuan ketat kami sebelumnya," katanya.

“Lawan kami menangani permainan dan mengeksploitasi kelemahan kami dengan baik hari ini. Kami jelas kecewa karena kami tidak bisa melangkah lebih jauh di turnamen ini. Sampai saat ini untuk kualifikasi Olimpiade, belum ada yang konkrit. Kami akan menunggu untuk melihat apa yang bisa terjadi.”

Meskipun peluang Terry Hee / Jessica Tan untuk lolos langsung telah berakhir, secercah harapan masih ada. Mereka bisa menjadi pasangan cadangan pertama dan masih memiliki peluang jika negara-negara lain tidak mengambil tempat di benua mereka.

Menanggapi pertanyaan dari The Straits Times, direktur teknis SBA Martin Andrew berkata: “Sepertinya mereka akan menjadi pasangan cadangan pertama untuk Olimpiade. "

“Masih ada sejumlah permutasi yang perlu diselesaikan, yang semuanya sekarang berada di luar kendali kami dan kami membutuhkannya untuk berjalan sesuai keinginan kami sebelum kami mengetahui apakah ada tempat tambahan tersedia di ganda campuran di Olimpiade," ungkapnya.

“Minggu ini, Juara Eropa dan Juara Pan Am juga sedang berlangsung, sehingga ada banyak perubahan peringkat dunia di seluruh disiplin ilmu. Kami mungkin belum mendapatkan konfirmasi resmi (apa pun) hingga pertengahan Mei.”

Momentum pernah menjadi alasan di balik upaya pasangan tersebut untuk tampil di Olimpiade.

Mereka mencapai terobosan pada tahun 2022 dengan merebut mahkota India Open dan Orleans Masters, medali emas Commonwealth Games, dan naik ke peringkat 13 dunia, yang merupakan pencapaian tertinggi dalam karier mereka.

Pasangan ini kemudian mengalami kemerosotan yang membuat peringkat mereka merosot ke peringkat 33 dunia .

Artikel Tag: Terry Hee, Jessica Tan, Pitha Haningtyas Mentari, Olimpiade Paris 2024, Rinov Rivaldy

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/wakil-singapura-terryhan-kecewa-gagal-jegal-rinovpitha-ke-olimpiade-paris
1219  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini