Lee Zii Jia Targetkan Tembus 10 Besar Dunia di 2019

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 30 Mei 2019, 10:00 WIB
Lee Zii Jia Targetkan Tembus 10 Besar Dunia di 2019

Lee Ziia Jia/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Setelah penampilan yang cukup mengesankan di Piala Sudirman 2019 beberapa waktu lalu, pemain tunggal putra tim nasional Malaysia, Lee Zii Jia menargetkan untuk bisa masuk peringkat 10 besar dunia pada akhir tahun ini.

Pemain yang saat ini berada di peringkat 20 dunia itu menunjukkan ketenangan untuk mengalahkan pemain India peringkat 13 dunia, Sameer Verma dengan 21-13 dan 21-15 saat Malaysia menghadapi India di penyisihan grup kejuaraan bergengsi beregu campuran Piala Sudirman 2019 di Nanning, China pekan lalu.

Kemenangan Zii Jia terbukti menentukan setelah pasangan ganda campuran peringkat 13 dunia, Goh Soon Huat/Shevon Lai Jemie kalah 21-16, 17-21 dan 22-24 dari pasangan peringkat 27 dunia, Satwiksairaj Rankiredd/Ashwini Ponnappa pada pertandingan pembuka. Kemenangan Zii Jia atas Sameer akhirnya membantu Malaysia meraih kemenangan 3-2 secara keseluruhan.

Di perempat final, Zii Jia memberikan pertarungan yang cukup baik melawan pemain peringkat 1 dunia, Kento Momota asal Jepang sebelum kalah 18-21 dan 16-21, dalam tempo 53 menit.

Meskipun ia juga kalah dari pemain peringkat 2 dunia, Shi Yuqi asal China dengan 12-21 dan 11-21 dalam pertandingan pertama penyisihan, pengalaman yang diperoleh Zii Jia di kejuaraan itu akan memotivasi dia untuk mencapai level baru.

"Saya pikir kinerja saya secara keseluruhan tidak buruk dan tentu saja, puncaknya mengalahkan Sameer," kata Zii Jia.

“Melawan Momota, saya melakukan semua yang saya bisa, tetapi dia adalah nomor satu dunia dan tidak mudah untuk bermain melawannnya, tetapi saya akan belajar dari sini," ungkapnya.

“Bermain melawan dua tim teratas dalam waktu singkat adalah pelajaran yang sangat bagus bagi saya tetapi mereka lebih berpengalaman daripada saya, jadi dengan lebih banyak latihan dan turnamen, semoga saya bisa cukup baik untuk menyamai mereka suatu hari nanti."

“Saya juga belajar dari cara Shi Yuqi melawan Momota di final. Mungkin karena Jepang sudah kalah 0-2, Momota merasa di bawah tekanan dan Shi Yuqi mengambil keuntungan dari itu,” Zii Jia menambahkan.

Ketika ditanya berapa lama dia mungkin perlu mengejar ketinggalan dengan pemain-pemain top dunia lainnya, Zii Jia mengatakan bahwa waktunya sudah dekat.

“Mungkin dalam dua tahun atau lebih tetapi saya membutuhkan lebih banyak turnamen untuk mendapatkan pengalaman dan kepercayaan diri," katanya.

"Saya tidak ingin berpikir terlalu jauh ke depan untuk saat ini dan saya hanya berharap mempertahankan penampilan saya saat ini dan perlahan-lahan meningkat sehingga saya bisa menjadi pemain yang lebih baik," tambah Zii Jia.

"Untuk masuk ke top 10 dunia jelas merupakan target yang telah saya tetapkan untuk diri saya sendiri tahun ini, tetapi banyak pekerjaan yang masih harus dilakukan, jadi saya hanya akan menunggu dan melihat peringkat saya nantinya," tegas Zii Jia dengan yakin.

Artikel Tag: Lee Zii Jia, kento momota, Shi Yuqi, Sameer Verma, BWF

1058  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini