Peluang Kento Momota Akhiri Karir Gemilang di Piala Thomas 2024

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 21 Apr 2024, 11:15 WIB
Peluang Kento Momota Akhiri Karir Gemilang di Piala Thomas 2024

Kento Momota/[Foto:AFP]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Kento Momota dari Jepang berpeluang mengakhiri kariernya dengan gemilang di kejuaraan beregu putra paling bergengsi di dunia, Piala Thomas pada 27 April-5 Mei di Chengdu.

Mantan juara dunia dua kali itu telah mengumumkan bahwa ia akan gantung raketnya setelah kejuaraan beregu dua tahunan tersebut dan akan mengincar kejayaan terakhirnya sebelum berangkat menuju matahari terbenam.

Kento Momota baru berusia 19 tahun ketika ia memainkan peran penting dalam kemenangan menakjubkan Jepang pada Piala Thomas edisi 2014 di New Delhi.

Momota, yang melakukan debutnya di Piala Thomas, bermain di nomor tunggal kedua di belakang Kenichi Tago dan kemudian menghancurkan hati masyarakat Malaysia dengan memenangkan salah satu poin untuk membawa timnya meraih kemenangan 3-2 di final yang epik.

Atlet Jepang ini memenangkan seluruh pertandingannya di turnamen tersebut dan kemudian menjadi pemain top dunia setelah debut impiannya.

Namun, Momota mendapat pukulan telak setelah ia dilarang berjudi dan absen pada edisi berikutnya pada tahun 2016.

Jepang menderita karena ketidakhadirannya dan tersingkir di perempat final setelah kalah 2-3 dari juara bertahan Denmark.

Pada tahun 2018, Momota kembali dan membantu tim menjadi runner-up di bawah China. Itu juga merupakan tahun dimana dia memenangkan mahkota tunggal putra di Kejuaraan Dunia. Ia sukses mempertahankan gelar juara pada tahun 2019.

Kento Momota yang berusia 29 tahun tidak pernah gagal meraih medali di Piala Thomas setelah membantu timnya mencapai semifinal pada tahun 2020 dan 2022.

Bahkan kecelakaan mobil parah di awal tahun 2020 tidak menyurutkan semangat Momota meski tak pernah lagi sama sejak saat itu.

Meskipun tidak pernah mendapatkan kembali performa terbaiknya yang membuatnya meraih 11 gelar pada tahun 2019, ia masih bisa memainkan peran yang menentukan bagi Jepang dalam pertemuan tim kali ini sebagai tunggal ketiga.

Peraih medali perak Kejuaraan Dunia (2023) Kodai Naraoka, Kenta Nishimoto dan Koki Watanabe adalah pemain tunggal lainnya di tim sementara pemenang gelar juara dunia 2021 Takuro Hoki-Yugo Kobayashi, Akira Koga-Taichi Saito dan Kenya Mitsuhashi-Hiroki Okamura telah dimasukkan dalam sektor ganda.

Jepang berada di grup yang menguntungkan yang berisi Taiwan, Jerman dan Republik Ceko dan seharusnya tidak memiliki masalah untuk mencapai babak delapan besar Piala Thomas 2024.

Artikel Tag: kento momota, jepang, Piala Thomas 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/peluang-kento-momota-akhiri-karir-gemilang-di-piala-thomas-2024
847  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini