Lee Chong Wei Desak Para Pemain Tak Putus Asa Meski Dipecat BAM

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 09 Feb 2021, 14:15 WIB
Lee Chong Wei Desak Para Pemain Tak Putus Asa

Lee Chong Wei/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Meski sama terkejutnya dengan semua orang atas keputusan Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) yang memecat lima senior dari tim nasional, mantan pemain nomor satu dunia, Datuk Lee Chong Wei telah mendorong mantan rekan satu timnya untuk maju tanpa penyesalan.

Pada hari Sabtu, BAM menjatuhkan peringkat 10, dunia Goh Soon Huat/Shevon Lai Jemie, Lai Pei Jing (ganda campuran), Vivian Hoo (ganda putri) dan Soniia Cheah (tunggal putri) berdasarkan penampilan buruk mereka di turnamen beruntun di Thailand bulan lalu.

Semuanya berada di putaran terakhir kualifikasi Olimpiade Tokyo, yang dijadwalkan diadakan pada Juli, dengan beberapa memiliki peluang lebih baik daripada yang lain.

Sementara bersimpati dengan para pemain atas keluar tak terduga mereka hanya dua bulan sebelum kualifikasi Olimpiade berakhir, Lee Chong Wei, yang juga chef de misions Malaysia untuk Olimpiade, berharap para pemain tidak akan menyerah pada impian mereka.

“Setiap pemain tahu bahwa suatu hari, mereka akan pensiun atau dikeluarkan dari tim nasional karena alasan yang berbeda," kata Chong Wei.

“Sayangnya, para pemain ini dipecat ketika mereka tidak menduganya,” ungkap Chong Wei, yang pensiun setelah sembuh dari kanker hidung pada 2019.

“Saya bukan pelatih atau anggota dewan di BAM, saya tidak dapat berkomentar tentang mengapa mereka dikeluarkan atau apa pendapat saya tentang keputusan tersebut. Tapi sebagai mantan pemain, saya hanya ingin mendorong para pemain ini ... hidup terus berjalan."

“Sebagian besar pemain ini telah bersama BAM selama lebih dari lima tahun, bahkan ada yang lebih dari 10 tahun. Mereka telah bekerja keras, beberapa datang melalui cedera dan beberapa harus menyeimbangkan antara studi dan olahraga. Ada pengorbanan. Saya tahu para pemain ini kesal, karena mereka tidak siap tetapi ada opsi di luar sana," tambah Chong Wei.

Jika mereka cukup bertekad, Lee Chong Wei mengatakan mereka bisa lolos ke Olimpiade Tokyo sebagai pemain profesional.

“Ada beberapa senior, yang sudah berprestasi baik sebagai profesional. Saya tahu, waktunya sulit, karena sulit mendapatkan sponsor saat pandemi Covid-19 tapi saya harap mereka tidak berkecil hati,” ujarnya.

Setelah berkompetisi di empat Olimpiade, dan memenangkan perak di setiap edisi sejak Olimpiade 2008, Chong Wei mengatakan dia memahami impian setiap atlet untuk bersaing di Olimpiade.

“Semua orang ingin berlaga di Olimpiade tapi tidak semua orang bisa menang. Amerika Serikat, China, dan India memiliki perwakilan besar di setiap pertandingan tetapi tidak semua pemain mereka menang," katanya.

“Tidak mudah menjadi salah satu dari jutaan untuk mewakili bangsa. Di Olimpiade Rio 2016, saya adalah satu-satunya yang diharapkan memenangkan medali, tetapi Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dan Goh V Shem/Tan Wee Kiong membuat kejutan dengan memenangkan perak."

“Apa pun bisa terjadi di Olimpiade Tokyo. Tidak ada yang mau ke sana sebagai penumpang. Saya berharap para atlet ini mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan untuk lolos ke Olimpiade Tokyo," jelas Chong Wei.

Artikel Tag: lee chong wei, olimpiade tokyo, bam

841  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini