Sejarah! Kejuaraan Dunia dan Olimpiade Akan Diadakan Pada Tahun Yang Sama

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 02 Mei 2020, 13:00 WIB
Sejarah! Kejuaraan Dunia dan Olimpiade Akan Diadakan Pada Tahun Yang Sama

Carolina Marin/[Foto:SinaSports]

Berita Badminton : Tahun 2021 ditetapkan untuk tonggak sejarah yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk bulu tangkis. Federasi Badminton Dunia (BWF) telah memutuskan untuk menyelenggarakan Olimpiade dan Kejuaraan Dunia di tahun yang sama, untuk pertama kalinya.

Badan dunia mengumumkan kemarin (1/5) bahwa Kejuaraan Dunia akan diadakan pada 29 November hingga 5 Desember di Huelva, Spanyol, tiga bulan setelah Olimpiade Tokyo, yang dijadwalkan pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021.

Kejuaraan Dunia secara tradisional diadakan pada bulan Agustus, tetapi harus memberi jalan bagi Tokyo 2020 yang telah ditunda selama setahun.

Dua kejuaraan terbesar itu tidak pernah bentrok sejak bulu tangkis pertama kali berhasil masuk ke dalam cabang Olimpiade Barcelona tahun 1992.

Ada argumen bahwa mengadakan Kejuaraan Dunia di tahun Olimpiade akan melemahkan minat untuk keduanya.

Perlu dicatat bahwa ada juga Piala Sudirman, kejuaraan beregu campuran dunia, yang juga dianggap sebagai turnamen utama yang diadakan setiap dua tahun sekali.

"Langkah ini akan memungkinkan Kejuaraan Dunia di Huelva, Spanyol untuk bersinar dalam apa yang akan menjadi kalender olahraga utama," kata BWF dalam sebuah pernyataan kemarin.

“Jadwal baru akan memungkinkan pemain untuk memiliki fokus yang jelas untuk 2021 di mana mereka akan memiliki dua tujuan yakni Olimpiade dan gelar Juara Dunia,” tambahnya.

Memang, langkah ini memberikan peluang langka bagi para pemain untuk menyelesaikan Olimpiade dan Kejuaraan Dunia yang gemilang di tahun yang sama.

Semua mata tentu akan tertuju pada Carolina Marin yang bertujuan untuk memenangkan mahkota tunggal putri keempatnya di depan para penggemar tuan rumah.

Menariknya, Kejuaraan Dunia 2021 akan diadakan di Carolina Marin Stadium, sebuah arena yang dinamai menurut namanya.

Kemenangan Marin sebelumnya diraih di Kopenhagen 2014, Jakarta 2015 dan Nanjing 2018. Marin juga akan berusaha untuk mempertahankan medali emas di Olimpiade Tokyo.

Artikel Tag: kejuaraan dunia, olimpiade tokyo, BWF, carolina marin

562  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini