Rekor Tim Thomas Indonesia: 20 Kali Final 14 Gelar Juara

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 18 Okt 2021, 20:00 WIB
Rekor Tim Thomas Indonesia: 20 Kali Final 14 Gelar Juara

Perayaan Tim Thomas Indonesia/[Foto: PBSI]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Hampir dua dekade patah hati akhirnya berakhir pada hari Minggu untuk Indonesia saat mereka merebut Piala Thomas, mengalahkan juara bertahan China 3-0 di final di Ceres Arena.

Ini adalah penampilan ke-20 Indonesia di babak final Piala Thomas dan tropi ke-14 yang memperpanjang rekor sebagai negara peraih gelar terbanyak. 

Indonesia terakhir kali meraih kemenangan pada 2002 di Guanzhou ketika mereka mengalahkan Malaysia dengan skor 3-2.

Pemain peringkat 5 dunia Anthony Sinisuka Ginting selamat dari kejutan pertandingan pembukaan yang menegangkan untuk mengalahkan pemain peringkat 27 dunia, Lu Guang Zu 18-21, 21-14 dan 21-16 dalam waktu 77 menit untuk membawa Merah Putih memimpin.

Guang Zu menggantikan peringkat teratas Shi Yu Qi, yang mengalami cedera pada semifinal melawan Jepang pada Sabtu.

"Pertandingan hari ini melawan Guang Zu adalah yang terberat dalam tiga pertemuan. Namun, saya tahu dia akan menekan keras untuk menang, tapi saya tenang sepanjang pertandingan," kata Anthony kepada Bernama, Minggu (17/10).

Pasangan peringkat tujuh dunia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menunjukkan kelasnya di pertandingan berikutnya, mengalahkan He Ji Ting/Zhou Hao Dong 21-12 dan 21-19 untuk menggandakan keunggulan 2-0 di depan 2.000 penonton yang memadati Ceres Arena .

Indonesia meraih poin kemenangan saat pemain peringkat 7 dunia, Jonatan Christie mengalahkan peringkat 65 dunia, Li Shifeng 21-14, 18-21 dan 21-14.

"Memenangkan Piala Thomas adalah pencapaian terbesar saya, lebih besar dari medali emas Asian Games saya," kata Jonatan kepada Federasi Bulu Tangkis Dunia.

Meskipun sang veteran Hendra Setiawan tidak bermain di final, itu adalah pertandingan yang berarti bagi sang kapten, yang belum pernah memenangkan Piala Thomas sepanjang karirnya sebagai pemain. 

Namun, perayaan di atas panggung adalah urusan yang tenang bagi tim karena tidak ada pengibaran bendera merah putih meskipun lagu kebangsaan dimainkan.

Itu karena sanksi oleh Badan Anti-Doping Dunia karena tidak mematuhi kode anti-doping.

Bendera Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) malah dikibarkan saat upacara kemenangan di Aarhus. 

Artikel Tag: Indonesia, Piala Thomas 2020

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/rekor-tim-thomas-indonesia-20-kali-final-14-gelar-juara
579  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini