Norza Zakaria Puji Sikap Kerendahan Hati Para Pemain Jepang

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 05 Des 2020, 16:30 WIB
Norza Zakaria Puji Sikap Kerendahan Hati Para Pemain Jepang

Presiden Badminton Ehime Bersama Norza Zakaria/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Bagi presiden Federasi Badminton Malaysia (BAM) Tan Sri Norza Zakaria, sikap adalah segalanya. Dan itulah mengapa dia ingin para pemain nasional meniru budaya dan sikap hormat para pemain Jepang.

“Saya dapat menjamin bahwa Malaysia memiliki salah satu pusat bulu tangkis nasional terbaik di dunia, tetapi itu saja tidak cukup. Kami harus memiliki pemain dengan sikap yang benar juga, pekerja keras, rendah hati dan penuh hormat,” kata Norza Zakaria.

“Apa gunanya memiliki center dengan fasilitas kelas dunia tapi penghuni yang bermental dunia ketiga. Banyak hal yang bisa kami pelajari dari para pemain Jepang di dalam dan di luar lapangan," ujarnya.

Norza Zakaria bangga dengan kemitraan BAM dengan gubernur Prefektur Ehime Tokihiro Nakamura, yang juga presiden Asosiasi Bulu Tangkis Ehime. Keduanya telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) pada 2018, yang memungkinkan para pebulutangkis Malaysia menjalani tugas pelatihan di Jepang sebelum Olimpiade Tokyo pada Agustus tahun depan.

Padahal, sebelumnya sudah ada beberapa program pertukaran antara kedua belah pihak. Para pemain top negara itu menghabiskan dua minggu di Tokyo pada 2019 sementara Malaysia juga menjamu kembalinya para pemain junior.

“Mereka sangat ramah ketika kami mengunjungi mereka pada 2018. Mereka memiliki fasilitas pelatihan yang bagus dan tempatnya juga bagus. Jaraknya satu jam lewat penerbangan dari Tokyo,” kata Norza Zakaria.

“Yang paling membuat saya terkesan adalah ketulusan mereka dalam memberikan fasilitas latihan terbaik untuk kami jelang olimpiade. Mereka adalah tuan rumah Olimpiade dan saya yakin mereka ingin melakukannya dengan baik, tetapi mereka juga ingin kami melakukannya dengan sama baiknya."

“Kami juga telah melihat dedikasi dan komitmen para pemain elit mereka dalam latihan. Banyak yang bisa kita pelajari dari mereka," Norza menambahkan.

Hubungan Malaysia dengan Jepang bahkan lebih dari itu dengan beberapa pelatih seperti Jeremy Gan dan Lee Wan Wah yang bekerja di tim nasional di bawah asuhan pelatih kepala, Park Joo Bong.

Pemain mereka juga pernah bermain di liga lokalnya yang berkembang pesat. Maka tak heran bila BAM dinobatkan sebagai salah satu penerima penghargaan Menlu Jepang tahun ini.

Penghargaan ini untuk mengakui dan menghormati BAM atas kontribusinya dalam mempromosikan hubungan baik dengan Negeri Matahari Terbit itu.

“Kami merasa terhormat dengan pujian ini. Kami akan terus memperkuat hubungan baik dengan Prefektur Ehime. Kami menantikan lebih banyak kolaborasi dengan mereka," pungkas Norza Zakaria .

Artikel Tag: Norza Zakaria, jepang, Malaysia

588  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini