BAM Akan Fokus Pada Pengembangan Pemain Muda

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 12 Jun 2019, 20:00 WIB
BAM Akan Fokus Pada Pengembangan Pemain Muda

Ng Tze Yong/[Foto:NST]

Berita Badminton: Federasi Badminton Malaysia (BAM) akhirnya mengambil langkah berani untuk mulai fokus pada para pemain yang lebih muda daripada hanya mengandalkan pemain senior yang kurang mempunyai potensi.

Mengakui bahwa Malaysia telah tertinggal dari negara lain, pelatih kepala BAM Wong Choong Hann mengatakan bahwa lebih banyak yang harus dilakukan untuk mendorong pemain seperti Ng Tze Yong, Aidil Sholeh Ali Sadikin dan Lim Chong King ke turnamen level atas.

Tiga prospek tunggal putra di bawah 19 tahun telah berlatih bersama para senior sejak dipromosikan dari tim junior pada Januari.

Dengan tidak adanya mantan pemain peringkat 1 Dunia, Lee Chong Wei, yang masa depannya tampaknya tergantung pada keseimbangan setelah ia didiagnosis kanker hidung tahun lalu, Malaysia hanya bergantung pada pemain peringkat 20 dunia, Lee Zii Jia, Soong Joo Ven (72 dunia ) dan Cheam June Wei (91 dunia) untuk memimpin sektor tunggal putra.

“Tze Yong, Aidil dan Chong King telah menunjukkan sikap yang sangat baik dalam latihan dan mereka memiliki keinginan yang sangat kuat untuk meningkat," kata Choong Hann.

“Faktanya, mereka memberikan sesi ekstra di gym dan lapangan untuk mengejar ketinggalan dengan senior mereka yang lebih unggul dalam hal fisik."

“Mereka menunjukkan kepada senior mereka bahwa dibutuhkan kerja keras untuk tetap kompetitif dan ini adalah pengingat yang baik untuk semua orang bahwa BAM hanya akan mempertahankan pemain terbaik dalam skuad. Ini semua tentang meritokrasi dan bukan senioritas lagi. Ketiga bocah ini telah berlatih keras untuk mendapatkan hak mereka untuk dikirim ke turnamen,” tambah Choong Hann, yang mengungkapkan bahwa BAM berencana untuk mengirim mereka setidaknya enam turnamen sebelum akhir tahun.

Dan alih-alih menunda kemajuan, Choong Hann cukup berani untuk mengatakan bahwa BAM berharap untuk melihat para pemain muda ini mencapai final dan mulai memenangkan turnamen pada akhir tahun 2020.

"Kami ingin melihat mereka di final dan memenangkan turnamen dalam satu setengah tahun ke depan."

“Itulah tolok ukur yang kami tetapkan untuk mereka. Tidak masalah jika mereka tidak meraih banyak hal selama masa junior mereka,” katanya.

Tze Yong dan Aidil adalah perempat finalis di Kejuaraan Dunia Junior tahun lalu di Kanada. Selain Zii Jia, Joo Ven dan June Wei, pemain lain yang dibimbing oleh pelatih Misbun Sidek adalah Lim Chi Wing, Ziyad Tah dan Tan Jia Wei.

Artikel Tag: ng Tze Yong, Aidil Sholeh, Soong Joo Ven, Lee Zii Jia

453  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini