Rashid Sidek Ragukan Malaysia Melangkah Lebih Jauh di Piala Thomas 2024

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 19 Apr 2024, 17:30 WIB
Rashid Sidek Ragukan Malaysia Melangkah Lebih Jauh di Piala Thomas 2024

Lee Zii Jia-Ng Tze Yong/[Foto:NST]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Sungguh mengesalkan melihat lemahnya sektor tunggal di Malaysia meski ada investasi besar di dalamnya. Dan itulah mengapa legenda Datuk Rashid Sidek memiliki keraguan tersendiri mengenai kekuatan keseluruhan pemain tunggal putra di Final Piala Thomas tahun ini di Chengdu, Tiongkok, pada 27 April-5 Mei.

Malaysia akan diwakili oleh profesional Lee Zii Jia, Cheam June Wei dan Ng Tze Yong dari Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), Leong Jun Hao dan Justin Hoh.

Pemain ganda tersebut adalah Aaron Chia-Soh Wooi Yik, Goh Sze Fei-Nur Izzuddin Rumsani dan Mohd Haikal Nazri. Malaysia terakhir kali memenangi Piala Thomas 32 tahun lalu.

Rashid merasa Malaysia mungkin memiliki salah satu susunan pemain tunggal terlemah dalam beberapa waktu terakhir, dibandingkan dengan beberapa negara besar.

“Denmark, China, india, India, Korea Selatan, dan bahkan Hong Kong bisa mengandalkan dua pemain tunggal yang mumpuni, tapi bagi kami, sulit memprediksi satu poin pun dari tunggal,” kata Rashid yang pernah menjadi pemenang Piala Thomas 1992.

Pemain nomor dua nasional Tze Yong sedang dalam masa pemulihan dari operasi punggung dan sulit untuk berada dalam performa terbaiknya hanya beberapa bulan setelah menjalani operasi.

Faktanya, dia tidak memberikan hasil yang luar biasa selama beberapa waktu, tidak karena cederanya.

Lee Zii Jia berada di peringkat teratas tetapi penampilannya yang tidak konsisten juga tidak memberikan pertanda baik.

“Jika Tze Yong diistirahatkan, Jun Hao kemungkinan akan masuk sebagai pemain kedua. Yang ketiga mungkin adalah June Wei. Para pemain ini berpengalaman tetapi semua tim top lainnya punya pemain tunggal kedua yang kuat,” ujarnya.

“Jika Zii Jia kalah, itu akan membuat tim berada di bawah tekanan yang luar biasa.”

Di saat tim tidak seimbang, persatuan, kerja tim yang hebat, dan persahabatan di antara para pemain bisa membalikkan keadaan, tetapi Rashid merasa hal itu juga kurang dalam persiapan tahun ini.

BAM telah memberikan lampu hijau kepada Zii Jia untuk berlatih sendiri di tempat berbeda. Dia menekankan bahwa ketidakhadiran Zii Jia di kamp pelatihan terpusat bisa menjadi bumerang.

“Sudah menjadi tradisi kami, apa pun perbedaan yang kami miliki, untuk bersatu berlatih menghadapi Final Piala Thomas,” kata Rashid.

“Kali ini pengecualian telah dibuat. Tidak ada yang salah dengan hal itu tetapi itu akan berdampak pada moral tim. Anda tidak benar-benar tahu apa yang ada di benak para pemain," ungkapnya.

“Saya berharap mereka tidak berpikir ada yang mendapat perlakuan khusus dibandingkan yang lain. Saya sangat berharap tim dapat berlatih bersama menjelang Final yang semakin dekat."

“Kami masih bisa berharap untuk pertunjukan yang bagus jika kami bertekad dalam misi kami.”

Dengan sebagian besar tim berimbang, Rashid Sidek mengakui perebutan Piala masih terbuka lebar.

“Ini benar-benar Piala siapa pun, dan itu akan membuat pertandingan tahun ini menjadi menarik,” tambahnya.

Artikel Tag: rashid sidek, Malaysia, Piala Thomas 2024, Lee Zii Jia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/rashid-sidek-ragukan-malaysia-melangkah-lebih-jauh-di-piala-thomas-2024
925  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini