Berita Tinju: Joseph Parker Tidak Gentar Hadapi Lawan Pengganti Dadakan

Penulis: Hanif Rusli
Sabtu 06 Mei 2017, 13:19 WIB
Berita Tinju: Joseph Parker Tidak Gentar Hadapi Lawan Pengganti Dadakan

Jika menang, Parker (kiri) buka kemungkinan duel penyatuan gelar dengan Joshua atau Wilder

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga – Berita Tinju: Pergantian lawan hanya dua pekan sebelum jadwal pertarungan ternyata tak membuat gentar juara kelas berat WBO Joseph Parker. Hari Sabtu (6/5) ini, petinju Selandia Baru tersebut akan mempertahankan gelar miliknya untuk kali pertama di kampung halamannya di Manukau.

Bertempat di Vodafone Events Centre, Parker sedianya menghadapi petinju dari Inggris, Hughie Fury, penantang wajibnya dan sepupu mantan juara kelas berat Tyson Fury. Tapi Hughie menarik diri dua pekan lalu setelah mengaku mengalami masalah pada punggung bagian bawah sehingga tak bisa berlatih.

Promotor Parker, Duco Events, pun dengan cepat menunjuk Razvan Cojanu sebagai pengganti Hughie. Petinju Rumania itu ternyata cukup familiar bagi Parker, pernah bermitra tarung dalam banyak ronde dengannya di Las Vegas ketika Parker berlatih di bawah Kevin Barry.

Tentang Cojanu, Barry berkata, “Orang ini tahu Joseph Parker dengan sangat baik. Dia tahu gaya bertinjunya, tahu kekuatan Joe dan kelemahan Joe. Dalam dua kamp latihan, kami mungkin melakukan mitra tarung sebanyak 100 ronde dengan Razvan. Kami tahu satu sama lain.”

 

http://www.ducoevents.com/application/files/9814/8209/8464/161210ParkervRuiz_14.jpg

Parker (kanan) mengkalim sabuk kelas berat WBO dengan mengalahkan Andy Ruiz pada Desember silam

 

Sementara itu, Parker mengatakan dirinya hanya ingin naik ring dan bertarung, serta tak gentar menghadapi Razvan yang mengenal betul gaya bertarungnya. “Meskipun dia tahu gaya saya, saya akan menggantinya sedikit,” katanya. “Saya ingin menjaga sabuk ini tetap di Selandia Baru dan Samoa.”

Parker (22-0, 18 KOs), yang berusia 25 tahun dengan tinggi 193 cm dan berat 111 kg, menang angka mutlak atas Andy Ruiz Jr pada 10 Desember silam di Auckland, Selandia Baru, untuk mengklaim salah satu sabuk juara yang dilepas oleh Tyson Fury akibat masalah pribadi yang membuatnya tak bisa bertarung.

Begitu Hughie batal bertarung, Parker dan timnya memutuskan menemukan penggantinya sehingga latihan yang begitu lama tidak menjadi sia-sia. “Kami berlatih selama 12 pekan untuk satu gaya bertarung tertentu. Kini kami akan menghadapi lawan dengan gaya yang berbeda,” kata Barry.

Cojanu (16-2, 9 KO), 30 tahun, saat ini tinggal di Los Angeles. Dia paling dikenal saat melaju ke semifinal turnamen Boxcino ESPN pada 2015, di mana dia kalah KO dari Donovan Dennis di ronde kedua. Petinju setinggi 201 cm dengan berat dalam duel terakhir mencapai 128 kg, kemudian memenangi tiga duel beruntun versus lawan kacangan.

 

https://www.odt.co.nz/sites/default/files/styles/odt_landscape_extra_large_4_3/public/story/2017/04/razvan_cojanu.jpg?itok=20hBBkpE

Pernah jadi mitra tarung, Cojanu sangat familiar dengan gaya bertinju Parker

 

Yang jelas, Cojanu tak rugi apa-apa bila kalah. Sebaliknya, Parker bisa kehilangan banyak hal jika sampai kalah. Bila menang, dia berpotensi menghadapi juara IBF dan WBA Anthony Joshua atau jawara WBC Deontay Wilder dalam pertarungan penyatuan gelar berbayaran tinggi.

Wilder sudah menyatakan ketertarikan menghadapi Parker dan begitu pula sebaliknya. Kubu Parker dan Wilder sudah mendiskusikan kemungkinan duel keduanya dan Parker duduk di sisi ring saat Wilder menang KO atas Gerald Washington pada 25 Februari lalu.

Sementara Joshua baru saja mengalahkan mantan juara Wladimir Klitschko pada Sabtu pekan lalu. Klitschko punya klausal pertarungan ulang, tapi jika dia menolak mengambil opsi itu, maka duel Joshua-Parker pun berpotensi digelar. Duci Events dan pronotor Joshua, Eddie Hearn, sudah bercakap soal kemungkinan itu.

 

Artikel Tag: Joseph Parker, Razvan Cojanu, Anthony Joshua, Deontay Wilder, Tinju

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/berita-tinju-joseph-parker-tidak-gentar-hadapi-lawan-pengganti-dadakan
3747  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini