Tyson Fury Tuduh Para Juri Bantu Oleksandr Usyk Menang Karena Alasan Ini

Penulis: Hanif Rusli
Minggu 19 Mei 2024, 09:32 WIB
Tyson Fury (kanan) memeluk Oleksandr Usyk usai pertarungan mereka di Riydah. (Foto: Reuters)

Tyson Fury (kanan) memeluk Oleksandr Usyk usai pertarungan mereka di Riydah. (Foto: Reuters)

Ligaolahraga.com -

Tyson Fury menuduh para juri membantu Oleksandr Usyk karena negara petinju Ukraina tersebut sedang "berperang", setelah Usyk mengalahkan petinju asal Britania Raya itu untuk memenangkan gelar juara dunia kelas berat sejati.

Oleksandr Usyk memenangkan pertandingan dengan angka "split decision" melawan Fury di Riyadh, Arab Saudi, pada Minggu (19/5) dini hari. Kartu skor menunjukkan 115-112 untuk Usyk, 114-113 untuk Usyk, dan 114-113 untuk Fury.

Pada ronde kesembilan, Fury bisa dibilang beruntung tidak dihentikan ketika Usyk melukainya dengan parah. Usyk, 37, membuat Fury, 35, hampir terjatuh, tetapi wasit memberikan hitungan berdiri yang aneh kepada petinju Britania itu – mungkin menyelamatkannya dari kekalahan KO. Namun Fury merasa dia telah ditolak kemenangan yang layak.

"Negaranya sedang berperang, jadi orang-orang berpihak pada negara yang berperang," kata Tyson Fury di ring setelah kekalahannya – kekalahan pertama dalam karier profesionalnya, sementara Usyk tetap tak terkalahkan.

"Saya percaya saya memenangkan pertarungan itu, saya percaya dia memenangkan beberapa ronde, tetapi saya memenangkan sebagian besar dari ronde-ronde itu," tambah Fury. "Kami berdua menampilkan pertarungan yang bagus. Negaranya sedang berperang, jadi orang-orang berpihak pada negara yang berperang.

"Jangan salah, saya memenangkan pertarungan itu menurut pendapat saya. Kami punya klausul tanding ulang. Saya mengalami kekalahan split decision dari pria kecil yang bagus. Kami akan bertarung kembali pada bulan Oktober. Selamat, Oleksandr."

Kemenangan Oleksandr Usyk menjadikannya juara dunia kelas berat sejati pertama sejak Lennox Lewis, yang meraih status tersebut melawan Evander Holyfield pada tahun 1999 dan kehilangannya pada tahun 2000, ketika ia harus melepaskan salah satu sabuknya.

"Ini [sebuah] kesempatan besar bagi saya, keluarga saya, negara saya, dan sejarah," kata Oleksandr Usyk, yang tinggal di Ukraina yang sedang dilanda perang. "Ini hari yang luar biasa."

Kesepakatan dua pertarungan untuk duel yang telah lama ditunggu-tunggu tersebut termasuk pertandingan ulang yang direncanakan pada 12 Oktober di Riyadh.

Di tanggal itu, Tyson Fury akan berusaha menyamakan kedudukan dan melanjutkan ke pertarungan super dengan Anthony Joshua pada kuartal pertama 2025. Ia memasuki ring setelah menang atas Francis Ngannou pada bulan Oktober, yang juga menjatuhkannya.

Artikel Tag: oleksandr usyk, Tyson Fury

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/tyson-fury-tuduh-para-juri-bantu-oleksandr-usyk-menang-karena-alasan-ini
565  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini