Status “Juara Sejati” Oleksandr Usyk Ternyata Hanya Seumur Jagung

Penulis: Hanif Rusli
Minggu 19 Mei 2024, 20:58 WIB
Oleksandr Usyk menjadi juara kelas berat sejati pertama di era empat sabuk setelah mengalahkan Tyson Fury. (Foto: Reuters)

Oleksandr Usyk menjadi juara kelas berat sejati pertama di era empat sabuk setelah mengalahkan Tyson Fury. (Foto: Reuters)

Ligaolahraga.com -

Status Oleksandr Usyk sebagai juara dunia kelas berat sejati mungkin hanya berlaku beberapa pekan jika, seperti yang diharapkan banyak orang, International Boxing Federation (IBF) mengambil kembali sabuknya karena klausul tanding ulang petinju Ukraina tersebut dengan Tyson Fury.

Penantang wajib IBF yang sudah lama menanti adalah petinju Kroasia yang tak terkalahkan, Filip Hrgovic, yang dijadwalkan bertarung melawan Daniel Dubois dari Inggris pada 1 Juni di Riyadh.

Pertarungan tersebut bisa menjadi pertarungan perebutan gelar IBF jika badan tinju yang berbasis di AS tersebut mengikuti pola sebelumnya, dengan pemenangnya kemudian diperkirakan akan melawan mantan juara Inggris, Anthony Joshua, di akhir tahun ini.

IBF mencabut gelar Fury pada Desember 2015, 10 hari setelah petinju Inggris tersebut mengambil gelar itu bersama dengan sabuk WBA, WBO, dan IBO dari petinju Ukraina, Wladimir Klitschko.

Pada saat itu, seperti sekarang, ada klausul tanding ulang yang menghalangi pertarungan perebutan gelar dengan penantang wajib IBF saat itu, Vyacheslav Glazkov.

Reuters menghubungi IBF untuk meminta komentar, tetapi tidak segera mendapatkan respons.

Oleksandr Usyk -- sekarang menjadi juara WBA, WBC, IBF, dan WBO -- mengatakan di ring setelah kemenangan "split decision" atas Fury bahwa tanding ulang akan berlangsung dan Fury dengan jelas menyatakan ia mengharapkannya.

"Saya akan kembali. Saya punya klausul tanding ulang," kata petinju Inggris yang sebelumnya tak terkalahkan itu, yang telah memegang gelar WBC.

Promotornya, Frank Warren, menambahkan bahwa keputusan ada di tangan Fury.

"Itulah yang tertulis dalam kontrak. Itu yang dia inginkan. Keputusan ada di tangannya, itu keputusan Tyson. Jadi apapun yang dia ingin lakukan, terserah dia," kata Warren.

Pertarungan antara Oleksandr Usyk dan Tyson Fury pada Minggu dini hari itu menyatukan gelar kelas berat sejati untuk pertama kalinya sejak Lennox Lewis terakhir kali memegangnya pada tahun 2000.

Lewis adalah juara WBC, WBA, IBF, dan IBO hingga WBA mencabut sabuknya karena ia memilih tidak bertarung melawan penantang wajib. IBF mencabut sabuknya pada tahun 2002 dengan alasan serupa.

"Pemenang Tyson Fury vs Oleksandr Usyk akan menjadi juara sejati (memiliki 4 sabuk) selama kurang dari 2 pekan," kata jurnalis tinju terkemuka AS, Dan Rafael, kepada 287.000 pengikutnya di X.

"Pemenang akan, berdasarkan kontrak, melepaskan gelar IBF yang akan diperebutkan oleh penantang wajib yang telah lama tertunda, Hrgovic dan Dubois, pada 1 Juni. Penantian selama 25 tahun untuk mendapatkan juara kelas berat sejati lagi hanya berlangsung selama 2 pekan."

Artikel Tag: oleksandr usyk

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/status-juara-sejati-oleksandr-usyk-ternyata-hanya-seumur-jagung
445  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini