Lewis Hamilton Diduga Langgar Regulasi Parc Ferme

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 25 Mei 2022, 10:20 WIB
Lewis Hamilton

Lewis Hamilton tampak berjalan di belakang mobil RB18 milik Sergio Perez usai GP Spanyol

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Video dari seorang penggemar memperlihatkan Lewis Hamilton seperti menyentuh bagian sayap mobil Red Bull RB18 milik Sergio Perez di parc ferme usai GP Spanyol.

Dalam seri GP Brasil 2021, Max Verstappen tertangkap kamera tengah menyentuh mobil Mercedes W12 andalan Lewis Hamilton setelah sesi kualifikasi. Pebalap Red Bull Racing tersebut kemudian dijatuhi denda sebesar 50 ribu Euro (Rp786,1 juta).

Selasa (24/5), beredar foto dari sebuah video seorang penggemar yang merekam gambar Hamilton tengah berjalan. Nampaknya diambil beberapa saat usai pemberikan trofi di podium, karena mobil-mobil telah dipindahkan dari tempat awal parkir dan berbaris berdampingan di parc ferme.

Pada video tersebut, terlihat sang pebalap berupaya keras untuk menghindari kontak atau tak menyentuh sayap belakang mobil Red Bull RB18 milik Sergio Perez.

Saat itu, Lewis Hamilton sedang dipanggil untuk menjalani tes doping rutin segera usai perlombaan, dan karenanya ia harus pergi ke pusat medis sirkuit.

Namun, tak sepenuhnya jelas apakah pebalap Mercedes tersebut benar-benar menyentuh sayap belakang mobil atau sekedar lewat saja.

Lalu muncul pula pertanyaan tentang waktu, apakah mobil-mobil itu masih berada di parc ferme, meski biasanya dibawa pergi oleh para tim segera setelah dilepaskan secara resmi oleh FIA.

Dalam kasus Max Verstappen, kampiun F1 2021 itu dianggap melanggar Pasal 2.5.1 Kode Olahraga Internasional FIA, yang berbunyi:

“Di dalam parc ferme, hanya ofisial yang ditugaskan yang boleh masuk. Tidak ada operasi, pemeriksaan, penyetelan, atau perbaikan yang diizinkan kecuali diizinkan oleh pejabat yang sama atau menurut regulasi yang berlaku.”

Steward kemudian sepakat bahwa ketika Verstappen menyentuh mobil Mercedes W12, ia tidak melakukan tindakan apapun yang berpotensi menimbulkan kerusakan.

Akan tetapi, Steward memperjelas dalam putusannya, pemuda asal Belanda itu seharusnya tidak menyentuh mobil, yang lalu mendendanya sebesar 50 ribu Euro.

“Jelas bagi Steward bahwa sudah menjadi kebiasaan para pebalap untuk menyentuh mobil setelah kualifikasi dan balapan,” bunyi pernyataan dari Steward.

“Ini juga penjelasan dari Verstappen, bahwa itu adalah kebiasaan menyentuh area mobil yang telah menjadi spekulasi dalam balapan terakhir antara kedua tim.”

“Kecenderungan umum ini sebagian besar dianggap tidak berbahaya sehingga belum diawasi secara seragam. Namun demikian, ini merupakan pelanggaran terhadap regulasi parc ferme dan memiliki potensi yang signifikan untuk menyebabkan kerugian.”

“Mempertimbangkan fakta bahwa tidak ada kerugian langsung yang disebabkan dalam kasus ini, menurut pendapat Steward, dan bahwa tidak ada preseden hukuman sebelumnya untuk ini; tetapi itu adalah pelanggaran regulasi dan memiliki potensi untuk konsekuensi serius di sisi lain, pengurus memutuskan untuk mengambil tindakan dalam kasus ini dan memerintahkan denda sebesar 50 ribu Euro.”

“Steward lebih lanjut mencatat itu dimaksudkan agar semua tim dan pebalap memperhatikan bahwa pelanggaran di masa depan dapat menimbulkan hukuman yang berbeda dari Steward acara tersebut."

Artikel Tag: Lewis Hamilton, Mercedes, Red Bull, Sergio Perez, F1 2022, GP Spanyol

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/lewis-hamilton-diduga-langgar-regulasi-parc-ferme
776  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini