Sekjen BWF Memilih Bungkam Terkait Kritikan Axelsen Untuk Lee Zii Jia

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 24 Jan 2022, 13:00 WIB
Sekjen BWF Memilih Bungkam Terkait Kritikan Axelsen Untuk Lee Zii Jia

Viktor Axelsen/[Foto:AFP]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Tunggal putra peringkat 1 dunia, Viktor Axelsen dan Sekjen Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) Thomas Lund, keduanya berasal dari Denmark, jelas berbeda pendapat tentang pebulu tangkis Lee Zii Jia, yang ditampar dua tahun pengecualian dari semua turnamen internasional.

Pemain peringkat 7 dunia, Lew Zii Jia mengundurkan diri dari tim nasional pada 11 Januari untuk mencoba karir profesionalnya tetapi hal itu mengakibatkan Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia menjatuhkan hukuman berat pada hari Jumat.

Sembari bersimpati pada nasib orang Malaysia, Axelsen menyambut Zii Jia untuk bergabung dengannya untuk berlatih di Dubai, Uni Emirat Arab.

Juara Olimpiade Tokyo itu saat ini sedang berlatih di Dubai bersama beberapa pemain lain, termasuk juara dunia Loh Kean Yew dari Singapura.

“Zii Jia diterima di sini di Dubai. Saya sedih melihat berita beberapa hari terakhir, dan juga untuk Goh Jin Wei. Ini menunjukkan bahwa semuanya salah dengan dunia bulu tangkis saat ini,” kata Axelsen.

“Saya hanya menyilangkan jari saya bahwa ada cara untuk mengatasi ini. Ini seharusnya tidak terjadi dalam olahraga profesional seperti bulu tangkis.”

Axelsen adalah salah satu dari sedikit pemain pertama yang secara terbuka menyatakan dukungannya untuk Zii Jia dan merasa bahwa badan dunia juga dapat melakukan bagian mereka dengan memberikan kesempatan kepada pemain profesional untuk bermain.

Adapun Lund, dia telah memilih untuk tetap bungkam.

Beberapa pertanyaan dikirim kepadanya melalui departemen komunikasi tentang status Zii Jia dan mencari kejelasan tentang aturan yurisdiksi badan dunia, tetapi dia memilih untuk tidak menjawabnya.

“Tidak ada komentar dari BWF tentang masalah ini. Selamat berakhir pekan,” adalah balasan dalam teks dari petugas pers mereka.

Di bagian 5 tentang Yurisdiksi, Pendaftaran Masuk Pemain, dan Penalti di bawah Peraturan Umum Kompetisi BWF, dinyatakan bahwa: “Seorang pemain berada di bawah yurisdiksi semua anggota di mana pemain tersebut berafiliasi secara langsung atau tidak langsung.”

Selanjutnya dikatakan dalam Klausul 5.2.2: “Seorang pemain berada di bawah yurisdiksi lanjutan anggota untuk jangka waktu 12 bulan setelah berhenti tinggal di negara anggota itu.”

Sebuah sumber mengatakan bahwa Lee Zii Jia dapat bermain setelah periode 12 bulan dengan memilih bendera nasional atau negara yang dia pilih untuk tinggal, tetapi BWF belum mengkonfirmasi bagaimana Zii Jia dapat bermain.

Artikel Tag: viktor axelsen, Lee Zii Jia, BWF

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/sekjen-bwf-memilih-bungkam-terkait-kritikan-axelsen-untuk-lee-zii-jia
647  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini