Meski Semua Atlet Rindu Bertanding, Namun Kesehatan Tetap Prioritas Utama

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 16 Jun 2020, 23:00 WIB
Meski Semua Atlet Rindu Bertanding, Namun Kesehatan Tetap Prioritas Utama

Kevin Sanjaya Sukamuljo-Marcus Fernaldi Gideon/[Foto:PBSI]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Mewabahnya pandemi Covid-19 membuat seluruh aktivitas olahraga di seluruh dunia harus terhenti untuk sementara waktu. Hal inipun berdampak pada vakumnya turnamen yang membuat para atlet merasa jenuh dan bosan selama masa penguncian.

Meski saat ini Pelatnas Cipayung sudah melakukan latihan secara menyeluruh, namun intensitas pelatihan belum maksimal demi menjaga kebugaran para atlet ditengah pandemi global seperti sekarang ini.

Federasi Badminton Dunia (BWF) telah mengumumkan kalender turnamen baru yang direvisi mulai Agustus mendatang. Namun, melihat perkembangan pandemi di berbagai negara dan pembatasan perjalanan yang diterapkan membuat penyelenggaraan turnamen masih menjadi misteri.

Jika turnamen diadakan sesuai jadwal, harus ada regulasi dan protokol yang jelas bagi para pemain, staff maupun pelatih yang akan berkunjung ke sebuah negara demi keamanan dan keselamatan semua orang.

"Rasa khawatir pasti ada, kami kan perginya jauh-jauh. Di pesawat rentan, tapi mau bagaimana kan memang kerjaan kami seperti ini. Kalau tidak ikut turnamen nanti rangkingnya turun dan didenda," kata Marcus Fernaldi Gideon, pemain ganda putra rangking satu dunia bersama Kevin Sanjaya Sukamuljo.

"Makanya kalau (situasinya) belum aman, saran saya BWF jangan start (turnamen) dulu," lanjut Marcus dalam sesi live di akun Instagram @Badminton.INA.

Senada dengan Marcus, pelatih ganda campuran PP PBSI, Nova Widiyanto juga mengeluhkan kondisi turnamen saat ini, meskipun tak bisa memungkiri bahwa para pemain butuh kompetisi untuk menjaga mentalitas dan juga ranking poin menuju Olimpiade Tokyo tahun depan.

"Kalau belum terlalu aman sebaiknya jangan dipaksakan, tapi melihat dari sisi atlet-atlet sih memang mereka perlu tanding. Kalau rangking untuk olimpiade, baru mulai dihitung di German Open 2021 nanti, tapi (turnamen) di awal tahun 2021 juga perlu untuk seeded mereka," ujar Nova.

Para pemain Pelatnas Cipayung saat ini tengah dalam persiapan untuk menghadapi turnamen World Tour yang akan dimulai di Taiwan Open 2020 Super 300 pada 1 hingga 6 September mendatang.

Artikel Tag: Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldi Gideon, Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Pandemi Covid-19

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/meski-semua-atlet-rindu-bertanding-namun-kesehatan-tetap-prioritas-utama
839  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini