Kim Tho: Pemain Junior Harus Meniru Lee Chong Wei

Penulis:
Selasa
Kim Tho: Pemain Junior Harus Meniru Lee Chong Wei

Kim Tho dan Lee Chong Wei saat berusia 17 tahun/[Foto:Thestar]

Berita Badminton: Mantan pelatih Lee Chong Wei saat masih junior, Kim Tho, mengungkapkan rasa harunya menyaksikan film biopik sang bintang yang baru diputar pekan lalu. Seraya memberikan wejangan, pelatih tersebut berharap agar para pemain junior bisa mencontoh apa yang dilakukan Lee Chong Wei untuk menjadi pemain besar seperti sekarang.

Kim Tho bergabung dengan BAM sejak tahun 1992 lalu, dan tidak mengherankan bahwa dia adalah salah satu karakter yang disorot dalam film biografi, "Lee Chong Wei Rise of the Legend".

Film ini diputar perdana di Stadion Nasional di Bukit Jalil pada Jumat (9/3) lalu dan dihadiri lebih dari 20.000 penggemar yang menyaksikan pemutaran bersama dengan tamu undangan dan pejabat tinggi BAM.

Manajer program junior nasional BAM Kim Tho sangat emosional setelah menonton film tentang kisah pebulutangkis peringkat 2 dunia, Lee Chong Wei.

"Saya adalah komandan kamp BAM di akademi Taman Maluri (di Cheras) saat Chong Wei baru masuk. Dia masih berumur 17 tahun saat itu," kata Kim Tho.

"Saya melihatnya tumbuh dari junior ke pemain senior. Saya juga melihat dia saat mengalami pasang surut. Saya sudah melihat bagaimana dia bangkit setelah terpuruk."

"Saya mungkin menjadi bagian dari hidupnya dan itulah mengapa saya menjadi emosional saat melihatnya. Semua kenangan masa lalu datang kembali," tambah Kim Tho.

Kim Tho sangat bersemangat dalam mengembangkan pemain junior, yang membuat Chong Wei meminta sang pelatih untuk membawa para pemain muda ke stadion.

"Chong Wei memberi saya 60 tiket untuk membawa semua pemain Sekolah Olahraga Bukit Jalil dan satu lagi untuk membawa lima siswa Pasca Form," katanya.

"Beberapa anak tertawa saat melihat karakter saya di film, namun saya terkejut saat mengetahui keterlibatan saya ternyata sangat dalam. Ini tentu film yang enak ditonton oleh para junior. Ada pelajaran yang bisa dipelajari dari kehidupan Chong Wei."

"Tidak ada yang mudah. Ada perjuangan dan tantangan untuk menjadi pemain top dan bukannya menyerah atau merengek, para pemain harus meniru Chong Wei dan terus berjuang untuk mematahkan rintangan," pungkas Kim Tho.

Artikel Tag: Kim Tho, lee chong wei, bam

311