Kento Momota Melesat ke Peringkat 11 Dunia

Penulis:
Rabu
Kento Momota Melesat ke Peringkat 11 Dunia

Kento Momota/]Foto:Badspi]

Berita Badminton: Pebulutangkis tunggal putra andalan Jepang, Kento Momota, semakin menunjukkan dominasinya setelah bebas dari suspensi kasus perjudian ilegal tahun lalu dengan merangkak naik ke peringkat teratas dunia. Terbaru, pemain berusia 23 tahun tersebut sukses melesat ke peringkat 11 dunia Federasi Badminton Dunia (BWF).

Setelah hukumannya dicabut tahun lalu, Kento Momota tak butuh waktu lama untuk bisa kembali ke jajaran pemain elite dunia. Ia sukses meraih lima gelar sejak pertengahan tahun lalu dan terus menunjukan kemajuan.

Puncaknya, ia sukses membawa Jepang melangkah ke final Piala Thomas 2018 lalu, dan tanpa kehilangan satu pertandingan pun sepanjang turnamen dengan mengandaskan beberapa pemain peringkat 10 besar dunia seperti peraih medali emas Olimpiade Rio, Chen Long serta juara dunia Victor Axelsen asal Denmark.

Pemain Jepang lainnya yang naik peringkat adalah Kenta Nishimoto yang naik ke posisi 13 dunia.

Posisi teratas sektor tunggal putra masih ditempati oleh Victor Axelsen, kemudian disusul oleh pemain andalan Korea Selatan, Son Wan Ho di posisi kedua.

Sementara itu di sektor tunggal putri, tidak ada perubahan yang berarti setelah pemain terbaik Taiwan, Tai Tzu Ying masih mendominasi di peringkat atas dunia, disusul oleh pemain andalan Jepang juara Super Series Finals 2017, Akane Yamaguchi.

Juara dunia 2017, Nozomi Okuhara berada di peringkat 9 dunia, disusul oleh Sayaka Sato di peringkat 13 dunia, Sayaka Takahashi di peringkat 15 dunia serta Aya Ohori di peringkat 16 dunia.

Di sektor ganda putra, pasangan Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon masih terus memimpin peringkat teratas dunia disusul oleh pasangan senior asal Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen.

Pasangan Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda berada di posisi enam dunia, sedangkan runner-up Japan Open 2017, Inoue Tsubuseto/Yuki Kaneko berada di posisi delapan dunia.

Artikel Tag: kento momota, Akane Yamaguchi, BWF

473