Tes di Barcelona Jadi Persiapan Suzuki Jelang Tampil di MotoGP Jerman

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 09 Jun 2021, 05:30 WIB
Suzuki, Joan Mir

Joan Mir

Berita MotoGP: Joan Mir mengaku puas dengan hasil tes resmi di Sirkuit Barcelona karena dapat membantu Suzuki mengumpulkan data untuk persiapan jelang balapan di Sachsenring.

Joan Mir gagal finis di zona podim MotoGP Catalunya setelah mengaku melakukan kesalahan dalam pemilihan ban yang membuatnya tak bisa meningkatkan kecepatannya di lap-lap terakhir. Untuk membayar kekecewaannya, juara dunia MotoGP 2020 tersebut ingin memperjuangkan podium di balapan selanjutnya, MotoGP Jerman.

Oleh karena itu, sepanjang tes, Suzuki fokus pada elektronik, geometri dan elemen-elemen kecil. Pasalnya, Manajer Teknis Suzuki, Ken Kawauchi, mengungkapkan bahwa timnya tak memiliki banyak material baru yang dapat diuji coba.

“Kami tidak memiliki banyak komponen baru di sini, tidak ada hal besar, jadi kami fokus pada hal-hal kecil yang dapat membantu kami alami peningkatan,” kata Kawauchi seperti dilansir Speedweek.

“Kami mengalami langkah maju, terima kasih kepada Joan dan Sylvain (Guintoli) yang telah melakukan pekerjaan dengan baik untuk mengumpulkan banyak data. Semua informasi yang mereka berikan membantu kami meraih hasil bagus,” ia menambahkan.

Mir sendiri mengaku senang bisa memberikan banyak informasi kepada para teknisi untuk membenahi masalah yang ada di motor GSX-RR yang jadi tunggangannya musim ini. Pebalap berusia 23 tahun itu berharap peningkatan yang dialami dalam tes bisa membantunya meraih hasil lebih baik di Sachsenring.

“Itu tes yang bagus. Kami tidak memiliki banyak hal untuk diuji coba, tapi kami fokus pada geometri, seperti posisi saya di atas motor dan elektronik. Itu sangat positif. Saya juga berkonsentrasi pada setelan suspensi,” ujar Mir.

“Saya juga dapat memberikan informasi penting kepada tim. Sekarang, mereka akan bekerja pada hal-hal tersebut, dan menganalisis semua data yang didapatkan,” tegasnya.

Waktu istirahat selama sepekan akan dimanfaatkan dengan baik oleh Joan Mir untuk mempersiapkan diri agar tampil maksimal pada balapan berikutnya.

“Saya senang dengan apa yang telah kami lakukan, tapi dua pekan terakhir sungguh melelahkan. Sekarang saya tidak sabar untuk pulang dan memulai persiapan GP Jerman,” tutur pebalap asal Spanyol itu.

Sylvain Guintoli yang merupakan test rider Suzuki, juga mengatakan terdapat peningkatan besar pada motor GSX-RR selama menjalani tes di Sirkuit Catalunya.

“Saya sangat senang bisa mengikuti tes ini. Saya tidak mengendarai GSX-RR sejak tes di Qatar. Perasaan saya di atas motor sangat bagus. Awalnya, saya cukup takut karena sudah lama tak mengendarai motor ini. Tapi pada akhirnya, saya bisa memberikan masukan yang bagus tentang motor dan ban,” jelas Guintoli

“Saya dapat menyelesaikan program tes dengan sangat baik. Saya melibas 72 lap, itu jadi tes yang solid. Saya melakukan beberapa pengujian dan mengerjakan berbagai hal, termasuk lengan ayun (swingarm),” imbuhnya.

Artikel Tag: joan mir, Suzuki Ecstar, MotoGP 2021, MotoGP Jerman

528  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini