Performa Milan Anjlok, Saatnya Pioli Ubah Formasi?

Penulis: Nur Afifah
Kamis 25 Feb 2021, 00:51 WIB
Bos Milan Stefano Pioli

Stefano Pioli (Sumber: GettyImages)

Berita Liga Italia: Bos AC Milan Stefano Pioli disarankan untuk mengubah formasi menyusul rentetan hasil buruk yang dialami klub dalam beberapa pertandingan terakhir.

Hingga saat ini Pioli masih setia menerapkan sistem 4-2-3-1 tanpa melakukan terlalu banyak perubahan, setelah menemukan kenyamanan dengan skema tersebut menyusul percobaan-percobaan yang ia lakukan dalam beberapa pertandingan pertamanya menukangi Rossoneri.

La Gazzetta dello Sport pun lantas menyarankan sang manajer beralih ke formasi berlian, yakni 4-3-1-2, formasi yang hampir tak pernah terlihat di Milan sejak era Silvio Berlusconi. Marco Giampaolo sejatinya sempat mencoba menerapkannya pada awal musim lalu, namun percobaannya ternyata gagal total.

Outlet tersebut menyatakan susunan pemain dengan dua gelandang bertahan tampaknya mengalami kesulitan dalam beberapa pekan terakhir, baik di Serie A maupun kompetisi lain, dan sistem berlian tersebut juga kemungkinan akan menyingkirkan beberapa pemain yang belum tampil optimal musim ini seperti Alexis Saelemaekers, Ante Rebic, dan/atau Samu Castillejo.

Di lini pertahanan, pemain seperti Fikayo Tomori bakal mendapat ruang lantaran ia merupakan bek tengah yang lebih agresif dan akan dilindungi oleh tiga pemain di lini tengah, yang akan menghadirkan peluang bagi Sandro Tonali atau Ismael Bennacer setelah ia pulih untuk bermain sebagai regista murni di depan garis pertahanan Rossoneri.

Hakan Calhanoglu akan tetap berperan sebagai playmaker yang bebas bergerak antara lini, sedangkan di posisi penyerang Zlatan Ibrahimovic akan berduet dengan striker bayangan seperti Mario Mandzukic atau Rafael Leao dan bahkan Jens Petter Hauge. Berikut adalah susunan pemain baru raksasa Serie A yang disarankan untuk diterapkan Pioli.

Saran Milan XI (4-3-1-2): Donnarumma; Calabria, Tomori, Kjaer, T. Hernandez; Kessie, Tonali, Meité; Calhanoglu; Ibrahimovic, Leao (Mandzukic).

Artikel Tag: Milan, Pioli, Serie A

506  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini