Rencana Jadi Pemain Tertua Peraih Emas Olimpiade Tertunda Untuk Ahsan/Hendra

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 30 Mar 2020, 15:40 WIB
Rencana Jadi Pemain Tertua Peraih Emas Olimpiade Tertunda Untuk Ahsan/Hendra

Mohammad Ahsan-Hendra Setiawan/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Penundaan Olimpiade Tokyo hingga tahun depan mungkin telah memberi tekanan dan harapan pada pasangan ganda putra peringkat 2 dunia asal Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan untuk menjadi pemenang tertua di bulu tangkis. Hendra akan berusia 37 tahun untuk tahun depan sementara Ahsan berusia 34 tahun.

Ahsan/Hendra tengah berada dalam performa terbaik sekarang tetapi tidak yakin apakah para pemain veteran ini dapat mempertahankan level mereka dalam 16 bulan ke depan. Tanggal untuk Olimpiade belum ditetapkan tetapi kemungkinan antara Juli dan Agustus tahun depan.

Bahkan pelatih ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi mengakui bahwa peluang sangat berat bagi Ahsan/Hendra, dan mengatakan bahwa mereka akan membutuhkan program "sangat istimewa" untuk tetap di puncak permainan mereka.

"Seiring bertambahnya usia, akan sulit untuk mempertahankan kondisi fisik mereka, jadi persiapannya harus istimewa," kata Herry.

Hendra, yang sebelumnya memenangkan medali emas Olimpiade bersama dengan Markis Kido di Beijing 2008, bersikeras bahwa mereka akan baik-baik saja selama mereka tetap haus akan kemenangan.

“Olimpiade adalah target utama kami, kami termotivasi. Sekarang, kami hanya harus mencari cara untuk tetap dalam kondisi prima sampai tahun depan,” ungkap Hendra.

Ahsan/Hendra mempunyai kesempatan kedua setelah penampilan Olimpiade Rio 2016 yang gagal total ketika mereka kandas di babak penyisihan grup meskipun menempati unggulan kedua.

Mereka telah membuat comeback yang luar biasa dari kegagalan untuk menjadi juara dunia untuk ketiga kalinya di Basel tahun lalu, menambah gelar sebelumnya pada 2013 dan 2015. Mereka juga telah memenangkan beberapa gelar utama lainnya, termasuk All England tahun lalu dan kemenangan di BWF World Tour Finals ketiga mereka.

Jika mereka berhasil meraih sukses menakjubkan tahun depan, Ahsan/Hendra akan menjadi peraih medali emas bulu tangkis tertua di Olimpiade.

Rekor saat ini dipegang oleh Zhang Ning asal China, yang berusia 33 tahun, ketika ia memenangkan gelar tunggal putri di Olimpiade Beijing 2008.

Artikel Tag: mohammad ahsan, hendra setiawan, olimpiade tokyo 2020, Virus Corona

2059  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini