Bisakah Indonesia Tumbangkan China di Perempat Final Piala Uber?

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 12 Mei 2022, 11:00 WIB
Bisakah Indonesia Tumbangkan China di Perempat Final Piala Uber?

Bilqis Prasista/[Foto:PBSI]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Babak perempat final Piala Uber 2022 langsung mempertemukan pemain perinkat 1 dunia melawan 2 dunia dalam pertarungan antara Jepang melawan Taiwan yang akan digelar hari ini di Bangkok, Thailand.

Akane Yamaguchi yang membela Jepang akan bertemu Tai Tzu Ying. Pertemuan ini akan menjadi pertemuan ke-19 antara kedua pebulu tangkis tersebut. Hingga hari ini, Tai Tzu Ying masih unggul 10 kemenangan. Namun, dalam dua pertemuan terakhir, Akane Yamaguchi berhasil memenangkan pertarungan yakni di Kejuaraan Dunia 2021 dan semifinal Indonesia Open 2019.

Namun, ada kejutan bagi Akane Yamaguchi jelang pesta yang sarat gengsi tersebut. Pada laga pamungkas Grup A, Rabu (11/5/2022), Akane Yamaguchi dikalahkan tunggal putri Indonesia yang menempati peringkat 333 dunia, Bilqis Prasista dengan dua game langsung 19-21, 19-21 dalam waktu 35 menit.

Untungnya, kekalahan ini rupanya tak mempengaruhi rekan-rekan setimnya, dan Jepang mampu membalikkan kedudukan menjadi kemenangan 4-1. Sementara pertandingan tunggal putri pertama akan berlangsung ketat, Jepang memiliki keunggulan untuk empat pertandingan tersisa melawan Taiwan.

Sementara China yang lolos ke perempat final dengan status juara Grup B akan bertemu Indonesia. Meski Indonesia berstatus non unggulan karena hanya mengirimkan pemain bulu tangkis muda, namun Indonesia tidak boleh dianggap remeh.

Indonesia mampu memetik kemenangan telak 5-0 atas Prancis dan Jerman. Mereka mampu menaklukkan lawan yang peringkat individunya jauh lebih tinggi. Bahkan, saat menghadapi Jepang, single ketiga yang ditingkatkan menjadi single pertama karena kekuatannya, Bilqis Prasista yang merupakan putri dari juara dunia tunggal putra 1993, Joko Suprianto, mampu mengalahkan tunggal putri nomor satu dunia dari Jepang, Akane Yamaguchi.

Namun, kekuatan Jepang dan China tidak bisa disamakan di Piala Uber 2022. Di tunggal putri, China memiliki peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 Chen Yufei, yang juga berada di peringkat 3 dunia. Dia akan didukung oleh He Bingjiao (9), dan Wang Zhi Yi (15).

Selain itu, di ganda putri, China mengandalkan pasangan nomor satu dunia Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, peraih medali perak Olimpiade Tokyo 2020. Dengan ganda kedua, Cina memiliki Zheng Yu/Li Wen Mei, peringkat 14 dunia. Inilah kekuatan yang harus dihadapi Indonesia dengan empat pemain tunggal teratas mereka yang hanya berada di peringkat 300 dunia.

Laga menarik lainnya di perempat final Piala Uber 2022 akan terjadi saat tuan rumah Thailand sebagai juara Grup C bertemu India, runner-up Grup D. Thailand memiliki tiga tunggal kuat dengan peringkat bagus yakni Ratchanok Intanon (8), Pornpawee Chochuwong (10), dan Busanan Ongbamrungphan (12).

Artikel Tag: Indonesia, China, Piala Uber 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/bisakah-indonesia-tumbangkan-china-di-perempat-final-piala-uber
498  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini