Jika Finis Podium di Baku, Max Verstappen Akan Kalahkan Rekor Vettel

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 08 Jun 2022, 23:25 WIB
Max Verstappen

Max Verstappen

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Max Verstappen bakal melampaui rekor Sebastian Vettel dengan mencetak podium ke-66 nya bersama Red Bull Racing di seri GP Azerbaijan akhir pekan ini

Saat finis P3 di GP Monako pada 29 Mei lalu, Max Verstappen sukses menyamai rekor finis podium terbanyak untuk Red Bull Racing yang selama ini dipegang oleh Sebastian Vettel, 65.

Akhir pekan ini (10-12/6), pria asal Belanda itu berpeluang menjadi pebalap Die Roten Bullen dengan podium terbanyak bila mampu menembus tiga besar di GP Azerbaijan.

Vettel, yang memperkuat Red Bull  pada 2009 sampai 2014, saat ini masih dinilai sebagai pebalap terbaik pabrikan asal Austria tersebut.

Selain mempersembahkan empat gelar juara dunia, bandingkan dengan Verstappen yang baru sekali menjadi kampiun F1 pada 2021 lalu dan tengah mengejar yang gelar kedua pada musim ini.

Vettel juga saat ini masih memegang rekor terbanyak di Red Bull untuk raihan pole position (44 berbanding 14 milik Verstappen), kemenangan (38 berbanding 24), dan fastest lap (24 berbanding 18).  

Untuk jumlah finis podium, Sebastian Vettel juga masih terbilang unggul daripada Max Verstappen. Eks pebalap Ferrari itu hanya butuh 109 balapan bersama Red Bull untuk mencetak 65 podium. Bandingkan dengan 125 race yang diperlukan Verstappen untuk meraih 65 podium.

Melihat performanya dalam dua tahun terakhir, Verstappen sepertinya akan mampu melampaui podium Vettel pada balapan GP Azerbaijan akhir pekan ini.

Hasil lomba pemuda berusia 24 tahun tersebut dari tujuh race F1 2022 yang sudah digelar juga impresif. Ia tidak pernah finis di luar tiga besar bila mampu menyelesaikan perlombaan. Itu termasuk empat kemenangan yang sudah dikantongi Verstappen untuk memimpin klasemen pebalap musim ini.

Namun begitu, torehannya di sirkuit jalan raya Baku sejauh ini bisa dibilang kurang baik. Dari lima kali turun di lintasan sepanjang 6,003 km tersebut (terpanjang ketiga setelah Spa-Francorchamps dan Jeddah Corniche), Verstappen tidak pernah menginjakkan kaki di tangga podium.

Total, Verstappen hanya mengumpulkan 16 poin sepanjang turun di seri GP Azerbaijan. Rekan setim Sergio Perez itu merebut 4 poin saat finis P8 pada GP Eropa, saat Sirkuit Baku kali pertama menggelar balapan Formula 1.

Sementara, pada empat seri GP Azerbaijan yang telah dilakoni Verstappen, hasil terbaiknya hanya finis P4 (12 poin). Ia gagal finis di Baku pada 2017, 2018, dan 2021 (GP Azerbaijan 2020 ditiadakan karena pandemi Covid-19).

Artikel Tag: Max Verstappen, Sebastian Vettel, Red Bull, F1 2022, GP Azerbaijan

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/jika-finis-podium-di-baku-max-verstappen-akan-kalahkan-rekor-vettel
672  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini