Kaleb Ramot Sayangkan Lambannya Perkembangan Basket di Indonesia

Penulis: Viggo Tristan
Rabu 09 Jan 2019, 22:25 WIB
Kaleb Ramot Sayangkan Lambannya Perkembangan Basket di Indonesia

Kaleb Ramot Gemilang akui kekuatan pemain basket Indonesia masih kalah dengan negara tetangga.

Berita Basket Indonesia : Kaleb Ramot Gemilang menceritakan pengalaman yang ia dapatkan selama membela CLS Knights di ajang ABL (Asean Basketball League) musim lalu. Menurut Kaleb, kualitas pemain-pemain Indonesia masih tergolong kalah ketimbang negara-negara tetangga.

Seperti yang diketahui, Kaleb menjalani musim lalu bersama tim asal Surabaya yaitu CLS Knights. Bersama CLS, Kaleb mendapatkan kesempatan untuk bertanding melawan tim-tim terbaik di level Asia. Perjalanan Kaleb dan CLS di ABL musim lalu memang tidak berjalan dengan mulus. CLS hanya mampu meraih 5 kemenangan dan menelan 15 kekalahan dalam musim pertamanya. Melihat hasil buruk tersebut, perhatian utama Kaleb tertuju pada kualitas pemain lokal Indonesia yang tergolong kurang ketimbang negara-negara tetangga.

Oleh karena itu, Kaleb berharap dalam kedepannya ada program khusus pengembangan bakat-bakat muda bagi atlet basket di Indonesia. Sebab, pelatihan tersebut dapat menjadi awal bagi perubahan prestasi yang akan dicapai timnas dalam waktu dekat. Kaleb sendiri mengakui bahwa lawan terberatnya di Asia saat ini adalah Filipina. Pemain-pemain lokal Filipina bahkan mempunyai kemampuan yang tak kalah apik dengan pemain asing yang mereka miliki.

Olahraga basket memang bukan menjadi olahraga nomor satu di Indonesia. Akan tetapi, basket dapat menjadi salah satu cabang olahraga yang dapat dikembangkan. Sebab, Indonesia (timnas) selalu mencatat prestasi yang cukup bagus ketika bertanding di level Asia. Tim merah putih hanya selalu kalah dari Filipina yang mempunyai pengembangan pemain basket lebih baik.

Artikel Tag: IBL, abl, Stapac Jakarta, CLS Knights, Kaleb Ramot Gemilang

421