BAM Kirim Pemain Muda di Turnamen Satelit Tour Eropa

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 03 Feb 2021, 19:15 WIB
BAM Kirim Pemain Muda di Turnamen Satelit Tour Eropa

Goh Jin Wei/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) akan mengirimkan para pemain muda mereka ke turnamen satelit di Eropa untuk menutupi kurangnya peluang bermain di Tour Asia.

Ini terjadi setelah Osaka International Challenge, yang dijadwalkan pada 31 Maret-4 April, menjadi turnamen tingkat rendah terbaru di benua itu yang dibatalkan karena pandemi Covid-19.

Dua pertemuan lainnya yang dibatalkan karena Covid-19 adalah Maladewa International Challenge (15-21 Maret) dan Lingshui China Masters (23-28 Maret) sedangkan Vietnam International Challenge (23-28 Maret) telah ditunda hingga 6-11 Juli.

Beberapa pemain yang berada di peringkat luar 50 besar dunia seperti Cheam June Wei No. 78, Ng Tze Yong (No. 136), Aidil Sholeh Ali Sadikin (No. 140), Leong Jun Hao (No. 160 ) dan Lim Chong King (No. 164) bisa masuk dan melakukannya dengan baik untuk meningkatkan peringkat mereka.

Ini tentu lebih sulit sekarang bagi pemain peringkat bawah untuk mengamankan tempatnya di BWF World Tour menyusul keputusan Federasi Badminton Dunia (BWF) untuk membatalkan kualifikasi untuk turnamen lapis keempat dan kelima untuk musim 2021.

BWF menjelaskan bahwa langkah untuk membatasi entri dengan membuang kualifikasi untuk memastikan cukup waktu dapat dialokasikan untuk melakukan tes Covid-19 pada semua pemain dan ofisial.

BAM memang memasukkan Juni Wei, Tze Yong dan Jun Hao dalam pembukaan musim World Tour mendatang Swiss Open (2-7 Maret), tetapi mereka masing-masing bisa mendarat di urutan ke-16, ke-43 dan ke-50 dalam daftar cadangan untuk undian 32 besar.

Namun, semua tidak hilang untuk June Wei and kawan-kawan karena ada sejumlah acara yang masih tersedia di Eropa pada bulan Maret. Mereka adalah Portugis Internasional (11-14), Ceko Terbuka (18-21), Orleans Masters di Prancis (23-28) dan Polandia Open (25-28).

BAM diharapkan lebih memilih Orleans Masters tingkat kelima dan Polandia Open tingkat enam daripada dua opsi lainnya karena mereka dinilai lebih tinggi daripada dua acara lainnya.

Direktur kepelatihan BAM, Wong Choong Hann tidak menutup kemungkinan bahwa para pemain pinggiran akan dikirim untuk bermain di Eropa, meski itu membutuhkan anggaran yang besar.

“Dengan pilihan turnamen yang terbatas di Asia, ya, kami sedang melihat kemungkinan untuk memasukkan pemain muda kami ke turnamen di Eropa,” kata Choong Hann.

“Ini pasti akan membuat kami lebih mahal, tetapi kami tidak memiliki banyak pilihan ketika peluang bermain menjadi langka di musim pasca-Covid ini."

“Kami sedang berdiskusi dan akan segera menyelesaikan rencananya. Yakinlah bahwa pemain cadangan kami tidak akan diabaikan dan kami akan membuat keputusan terbaik untuk mereka," ungkapnya.

Yang juga sangat ingin kembali beraksi adalah juara dunia junior dua kali, Goh Jin Wei, yang kemajuannya terhambat oleh penyakit perut pada pertengahan 2019.

Setelah menduduki peringkat tertinggi di nomor 24 dunia periode tidak aktif telah menyebabkan dia tergelincir dari daftar ke posisi paling rendah yakni 145 dunia.

Artikel Tag: bam, Covid-19, BWF, Goh Jin Wei, Tour Eropa

947  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini