Meski Bersitegang Dengan Federasi Tenis, Elina Svitolina Targetkan Untuk Berpartisipasi Di Olimpiade 2020

Penulis: Dian Megane
Kamis 05 Des 2019, 20:58 WIB
Meski Bersitegang Dengan Federasi Tenis, Elina Svitolina Targetkan Untuk Berpartisipasi Di Olimpiade 2020

Elina Svitolina

Berita Tenis: Elina Svitolina bersikeras bahwa ia siap berpartisipasi di Fed Cup musim mendatang, demi terkualifikasi ke Olimpiade 2020 setelah adanya tidak persetujuan dari federasi tenis Ukraina.

Dengan aturan dari federasi tenis internasional, Svitolina harus memainkan setidaknya satu pertandingan Fed Cup untuk bisa bermain di Olimpiade atau ia harus melalui banding. Sejak musim 2016, Svitolina hanya melakoni dua pertandingan Fed Cup. Ia dijadwalkan ikut bertanding melawan Polandia awal musim ini, tetapi memilih mundur setelah adanya perdebatan mengenai masalah finansial.

“Kami sepakat dengan semua petenis tentang semua kondisi, baik secara finansial maupun keorganisasian pada musim lalu (2018). Semuanya berubah ketika agen Elina, Stefan Gurov memanggil manajer tim, Olga Savchul dengan tujuan untuk meminta kondisi yang baru, yakni meminta 2,5 lebih tinggi daripada yang telah disepakati,” jelas presiden federasi tenis Ukraina (FTU), Yevgeny Zukin.

“Opini pribadi saya mengatakan bahwa agennya yang berada di belakang itu semua, bahwa ia menolak untuk bermain demi tim nasional Ukraina. Bermain demi negara, menurut saya, sebuah kehormatan bagi setiap atlet.”

Merespon pernyataan tersebut, Svitolina menyatakan bahwa tidak jelas baginya kenapa ia dikritik sedemikian rupa oleh federasi tenis negaranya. Ia menegaskan bahwa ia senang untuk mengeksplorasi semua pilihan agar terkualifikasi ke Olimpiade. Svitolina merupakan satu dari dua petenis dari negaranya yang berada di peringkat 50 besar dan ia satu-satunya petenis putri Ukraina dalam sejarah yang berhasil lolos ke semifinal Grand Slam.

“Ya, saya berencana untuk bermain di Tokyo dan situasinya adalah saya harus melakoni pertandingan (Fed Cup) lain demi tim nasional. Tetapi, katakanlah jika FTU tidak membutuhkan bantuan saya, maka masih ada beberapa peluang agar saya terkualifikasi ke Olimpiade, karena saya masih berada di posisi cukup tinggi di dunia tenis putri,” papar Svitolina.

“Saya selalu siap untuk bermain demi tim nasional ketika saya secara fisik memiliki kapasitas itu, tetapi akan sulit melakukannya jika mengalami masalah dengan kesehatan. Ada banyak pertandingan dalam ajang beregu tenis dan ketika anda datang lalu hanya duduk di bangku cadangan, saya pikir itu tidak tepat.”

“Selama bertahun-tahun saya bemain demi Ukraina, jadi tidak jelas mengapa mereka menyerang saya seperti itu dan dari sisi federasi, saya pikir tidak normal menyerang petenis top dunia.”

Peluang selanjutnya bagi Svitolina untuk bermain di Fed Cup adalah Februari mendatang di Tallink Tennis Center, Estonia. Ukraina adalah salah satu dari 13 grup yang berada di Grup 1 atau Zona Eropa/Afrika.

Svitolina melakukan debut di Olimpiade tahun 2016 di Rio de Janeiro ketika secara mengejutkan ia mampu menaklukkan Serena Williams. Ia kehilangan peluang untuk mendapatkan medali setelah kalah dari Petra Kvitova di perempatfinal.

Artikel Tag: Tenis, olimpiade, Fed Cup, Elina svitolina

654  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini