Kondisi Kesehatan Diyakini Bukan Alasan Federer Mundur Dari Australian Open

Penulis: Dian Megane
Kamis 07 Jan 2021, 20:23 WIB
Proses karantina dipertimbangkan sebagai salah satu alasan Roger Federer mundur dari Australian Open 2021

Roger Federer ketika tampil di Australian Open 2020

Berita Tenis: Keputusan Roger Federer melewatkan Australian Open musim 2021 diyakini karena mempertimbangkan proses karantina dan bukan kondisi kesehatan yang selama ini digaungkan, klaim pihak penyelenggara Grand Slam tersebut.

Petenis berusia 39 tahun memutuskan mundur dari Australian Open pada bulan lalu setelah menyatakan bahwa ia tidak akan siap tepat waktu untuk melakoni Grand Slam tersebut karena ia masih menjalani pemulihan dari cedera.

Petenis peringkat 5 dunia belum melakoni pertandingan lagi hampir satu musim setelah menjalani dua operasi pada lutut kanannya. Berbicara kepada awak media pada Desember lalu, ia menyatakan bahwa ia berjuang melawan waktu agar siap turun di Australian Open sebelum memutuskan untuk tidak pergi setelah berdiskusi dengan timnya.

Namun, pernyataan tersebut kini dibantah Andre Sa yang mengaku diberi tahu secara langsung bahwa masalah tersebut terkait dengan alasan pribadi. Sa merupakan kepala penghubung petenis bagi Tennis Australia.

Dalam wawancara baru-baru ini dengan website Bandsports, Sa menyatakan, istri bintang tenis Swiss, Mirka tidak menyetujui rencana karantinga yang mengharuskan keluarganya tinggal di kamar hotel.

Di bawah peraturan pemerintah, semua petenis yang tiba di Australia harus menjalani kewajiban karantina selama 14 hari sebelum mereka diizinkan untuk melakoni turnamen profesional mana pun. Mereka akan tinggal di sejumlah hotel yang berlokasi di Melbourne.

“Alasan utamanya adalah karantina. Saya berbicara dengannya satu bulan lalu dan ia memiliki dua pilihan. Ia bisa datang dengan seluruh anggota keluarganya dan mengkarantinanya. Masalahnya adalah Mirka dan anak-anaknya tidak bisa meninggalkan hotel. Mereka harus tinggal di kamar hotel selama 14 hari. Pengecualian diberlakukan hanya untuk petenis,” jelas Sa.

“Federer bisa keluar, berlatih, dan kembali ke hotel, tetapi keluarganya tidak bisa. Mirka tidak menyetujui ide tersebut.”

Mantan petenis peringkat 20 besar asal Brazil, Sa menyatakan bahwa Federer tidak siap untuk melakukan perjalanan demi turun di Grand Slam tanpa keluarganya.

“Pilihan lainnya adalah ia datang sendiri. Hanya saja, setidaknya selama lima pekan ia akan jauh dari keluarga dan anak-anaknya. Lalu ia mengatakan, ’39 tahun, empat anak, 20 gelar Grand Slam. Bukan waktunya lagi bagi saya untuk jauh dari keluarga selama lima pekan’,” tambah Sa.

Petenis berusia 39 tahun masih belum mengkonfirmasi kapan ia akan kembali beraksi pada musim 2021. Meskipun ia cukup lama absen, ia masih menghuni peringkat 5 dunia.

Australian Open sendiri akan dimulai pada 8 Februari mendatang dan untuk kali pertama sejak 1999, bintang tenis Swiss tidak akan berpartisipasi di Grand Slam tersebut.

Artikel Tag: Tenis, australian open, Roger Federer

516  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini