Berita Tenis: Rafael Nadal Pertimbangkan Pangkas Jadwal Turnamen, Kenapa?

Penulis: Dian Megane
Kamis 13 Okt 2016, 23:24 WIB
Berita Tenis: Rafael Nadal Pertimbangkan Pangkas Jadwal Turnamen, Kenapa?

Bagi Rafael Nadal, berkompetisi bukanlah satu-satunya solusi untuk memperbaiki performanya

Ligaolahraga - Berita Tenis: Rafael Nadal menyatakan bahwa ia mungkin akan berhenti bertanding jelang akhir musim ini dan lebih memilih untuk berlatih, setelah petenis yang telah mengantongi 14 gelar Grand Slam tersebut dikalahkan Victor Troicki di pertandingan pertama Shanghai Masters.

 Kekalahan tersebut menambah daftar panjang kemunduran petenis kidal asal Spanyol, yang belum mencapai final turnamen mana pun sejak ia memenangkan gelar keduanya tahun ini di Barcelona April lalu.

“Saya tidak tahu apa yang akan terjadi dalam beberapa pekan ke depan. Itu adalah sesuatu yang harus saya pikirkan dengan baik,” ungkap petenis peringkat 5 dunia tersebut.

“Sekarang saya masih belum bisa mengatakan apa yang akan saya lakukan bulan depan. Saya tidak yakin dengan jadwal dalam kalender saya. Saya tidak yakin tentang hal-hal yang harus saya lakukan agar saya bisa 100 persen siap untuk musim depan,” lanjutnya.

Turnamen yang tersisa jelang akhir musim ini di antaranya adalah Swiss Indoors, Paris Masters, dan ATP Finals di London. Tetapi Nadal mengatakan bahwa lebih banyak turnamen mungkin bukan yang ia butuhkan.

“Terkadang tetap berkompetisi bukanlah satu-satunya solusi. Kadang-kadang solusinya adalah berlatih, berhenti sejenak, dan melalui proses latihan. Dan mungkin hal itu kesempatan yang akan saya lakukan,” tutur Nadal.

Kekalahan pertama Nadal dari Troicki, petenis peringkat 31 dunia, dialaminya kurang dari satu pekan setelah ia dikalahkan dua set langsung oleh Grigor Dimitrov di perempat final China Open.

Nadal menyatakan bahwa ia harus memperbaiki forehand andalannya dan kecepatan pergerakan yang telah membuatnya membangun tembok pertahanan bagi begitu banyak lawannya.

“Setiap kali saya memukulkan forehand, saya perlu menciptakan rasa takut untuk lawan saya, hal yang akhir-akhir ini tidak terjadi lagi,” ujar Nadal.

“Mungkin karena saya mengalami cedera pada pergelangan tangan saya dan saya menjadi takut. Mungkin saya masih memiliki beberapa keterbatasan dalam hal itu. Namun, pada akhirnya, tidak seorang pun peduli tentang hal itu dan saya pun begitu.”

Nadal menuturkan dirinya perlu memulihkan “pergerakan kakinya”  dan “bergerak dengan lebih cepat untuk menghasilkan lebih banyak forehand”.

 

Artikel Tag: Tenis, Rafael Nadal, Victor Troicki, Grigor Dimitrov, Shanghai Masters, China Open

506  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini