KTM Rilis Motor Baru Adapatasi Fairing Aerodinamika Formula 1

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 19 Feb 2020, 11:35 WIB
KTM Rilis Motor Baru Adapatasi Fairing Aerodinamika Formula 1

Motor terbaru KTM RC16 MotoGP 2020.

Berita MotoGP: KTM baru saja meluncurkan motor teranyar mereka untuk gelaran MotoGP 2020. KTM juga mengadopsi teknologi aerodinamika Formula 1 pada motor RC16 mereka.

Acara peluncuran tim KTM untuk MotoGP 2020 digelar secara digital pada Selasa (18/2). KTM menjadi tim pabrikan MotoGP kelima yang melakukan peluncuran tim untuk musim 2020.

Selain itu skuat asal Austria ini juga menunjukkan wajah baru tim satelitnya, Tech3. Tim satelit KTM ini bakal tampil beda dengan livery anyar. Mereka menggunakan desain berdasarkan minuman bersoda Organik yang diproduksi oleh Red Bull.

Ada satu bagian yang menarik perhatian dari motor RC16 terbaru ini, yaitu panel samping bergerigi di bagian fairing depan, tepatnya di dekat windshield.

Dilansir dari Diario AS, sisi berbentuk serupa gigi hiu tersebut diadopsi dari teknologi aerodinamika di mobil Formula 1. Tepi fairing yang bergerigi berfungsi meningkatkan efisiensi aerodinamika dengan sedikt menghambat aliran udara.

Aliran udara yang terhambat akan menambah daya tekan ke arah bawah sehingga menambah grip di bagian depan motor. Fairing bergerigi telah dijajal KTM dalam tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, 7-9 Februari lalu.

Pol Espargaro telah merasakan kemajuan dengan motor barunya.

"Ritmenya mengalami kemajuan pesat, kami sudah membuat banyak kemajuan dibandingkan tahun lalu," ungkap Espargaro.

Espargaro menjadi pebalap terbaik KTM pada MotoGP 2019. Namun ia hanya bisa finis di peringkat 11 klasemen dengan torehan 100 poin.

Direktur Motorsport KTM, Pit Beirer, berharap Espargaro dkk. sanggup mengisi posisi 10 besar secara reguler pada musim depan.

"Anda memenangi kejuaraan dengan keberuntungan, tetapi dengan kerja keras. Saya pikir kami memiliki sebuah rencana yang bagus dan kami bergerak menuju ke arah yang tepat," ujar Beirer seperti dilansir dari Crash.

Musim ini tim KTM akan diperkuat oleh jajaran pebalap muda. Di skuat pabrikan diisi oleh pebalap ujung tombak mereka, Pol Espargaro, yang memasuki musim keempat bareng KTM. Ia akan berduet dengan pebalap debutan Brad Binder.

Sementara itu, di tim Tech3, Miguel Oliveira bakal menjadi andalan. Ia ditemani oleh pebalap debutan, Iker Lecuona.

Artikel Tag: ktm, Pol Espargaro, motogp 2020

1624  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini