KTM Menyesal Promosikan Dua Rookie untuk Bela Tech3

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 06 Jul 2022, 22:55 WIB
Tech3, Raul Fernandez, Remy Gardner

Raul Fernandez dan Remy Gardner

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Bos KTM, Francesco Guidotti, merasa telah membuat keputusan buruk karena memilih Remy Gardner dan Raul Fernandez untuk memperkuat tim satelit Tech3.

Setahun yang lalu, Remy Gardner dan Raul Fernandez, menjadi perhatian publik karena performa mereka yang begitu dominan di ajang Moto2. Keduanya tampil impresif dan saling bersaing memperebutkan titel juara, yang pada akhirnya dimenangkan oleh Gardner.

Kinerja menjanjikan dan konsisten membuat mereka dipromosikan ke MotoGP pada 2022 dengan membela Tech3 KTM. Gardner dan Fernandez diharapkan mampu tampil kompetitif, setidaknya untuk menyabet gelar Rookie Terbaik.

Tetapi, perjalanan keduanya di MotoGP tidak berjalan seperti harapan. Garder dan Fernandez bahkan tertinggal dari tiga rookie musim 2022 lainnya: Darryn Binder (RNF Yamaha), Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing) dan Marco Bezzecchi (VR46 Racing Team).

Ketiganya sudah mengumpulkan dua digit poin. Bezzecchi bahkan berhasil merengkuh podium kedua di MotoGP Belanda. Sementara Gardner dan Fernandez baru membukukan masing-masing 9 serta 5 poin.

Rapor merah Tech3 di MotoGP 2022 pun memicu munculnya pertanyaan, apakah KTM salah membuat keputusan dengan mempromosikan dua pebalap debutan.

Dalam 11 balapan yang telah berlalu, pencapaian terbaik Remy Gardner hanyalah finis P11 di MotoGP Catalunya. Pemuda asal Australia itu belum pernah sekalipun menembus 10 besar.

Situasi Raul Fernandez malah lebih buruk. Ia sempat melewatkan dua perlombaan akibat cedera. Raihan terbaik rider asal Spanyol itu datang di MotoGP Jerman dengan menempati urutan ke-12.

“Jika melihat ke belakang, selalu mudah untuk memberikan penilaian,” kata bos KTM, Francesco Guidotti.

Hasil kuat Gardner dan Fernandez di kejuaraan Moto2 2021 memang memotivasi pabrikan asal Austria itu untuk mengganti duet pebalap Tech3 sebelumnya, Danilo Petrucci dan Iker Lecuona.

“Keadaan menyebabkan keputusasaan ini. Pada saat itu sepertinya ini akan menjadi solusi terbaik. Kami harus mempertimbangkan banyak hal untuk membuat keputusan bagi tim satelit untuk 2023. Ada banyak orang dan hal yang terlibat, pertama tentu Herve (Poncharal),” ia menjelaskan.

Herve Poncharal selaku bos Tech3 dan Guidotti bakal mendiskusikan solusi terbaik untuk musim depan. Kemungkinannya adalah dengan mengganti line-up pebalap secara keseluruhan.

Mengandalkan duo roookie di MotoGP 2022 secara tersirat diakui Guidotti sebagai keputusan yang buruk.

“Saya pikir kami butuh lebih banyak pengalaman dalam tim guna mendorong pengembangan,” ia menyimpulkan.

Artikel Tag: MotoGP 2022, ktm, Tech3, remy gardner, Raul Fernandez

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/ktm-menyesal-promosikan-dua-rookie-untuk-bela-tech3
836  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini