KTM Berencana Tawarkan Kursi untuk Pol Espargaro

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 12 Jun 2022, 04:30 WIB
Pol Espargaro

Pol Espargaro

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Merosotnya performa KTM di MotoGP 2022 membuat pabrikan asal Austria merombak komposisi pebalap dan punya rencana membawa kembali Pol Espargaro.

Seperti yang telah diketahui KTM akan melakukan perubahan line-up untuk musim 2023. Pabrikan asal Austria tersebut sudah merekrut Jack Miller dan mentandemkannya dengan Brad Binder.

Ini artinya rekan setim Binder saat ini, Miguel Oliveira, akan ditendang dari tim pabrikan. Pria asal Portugal itu sudah mendapat tawaran untuk pindah ke tim satelit Tech3, namun kurang tertarik.

Ia lantas mencari peluang untuk bergabung dengan Gresini Racing yang kini menjadi salah satu penantang gelar juara. Tim asal Italia sendiri juga tengah mencari pengganti Enea Bastianini yang kabarnya akan mengisi kursi Miller di tim pabrikan Ducati.

“Saya telah menginformasikan kepada manajemen KTM bahwa saya tidak terima kursi Tech3. Saya ingin mengklaim tempat di tim pabrikan. Hanya saja, ini tidak tersedia lagi. Jadi saya mempertimbangkan opsi lain. Di luar KTM, ada beberapa kursi tersisa,” ucap Oliveira, dikutip dari Motorsport.com.

Perombakan pun merambah ke tim satelit Tech3 akibat rapor buruk Raul Fernandez dan Remy Gardner. Ternyata keputusan mereka menurunkan dua pebalap debutan berisiko besar.

Gardner sudah mempersembahkan delapan poin, sementaral Fernandez baru saja mencetak poin semata wayang di balapan terakhir, MotoGP Catalunya. Akibatnya mereka menjadi penghuni dasar klasemen pebalap.

KTM sudah pasti kecewa berat melihat pertaruhan mereka tak memberikan hasil yang sesuai harapan. Padahal tujuan mereka menurunkan dua rookie adalah memperbaiki prestasi Tech3.

Pilihan KTM bisa saja jatuh pada Pol Espargaro yang tak kunjung mendapat kepastiam dari Repsol Honda. Seandai rider asal Spanyol itu dipertahankan, ia mungkin akan membela tim satelit LCR.

Kembali ke pelukan KTM mungkin jadi opsi terbaik karena Espargaro sangat paham dengan karakter kuda besi RC16, ketimbang RC213V yang berpatokan pada Marc Marquez.

Direktur Motorsport tim, Pit Beirer, juga tak menampik kemungkinan memanggil kembali Pol Espargaro.

“Pol memiliki pengaruh besar pada proyek MotoGP kami dari 2017 sampai 2020. Dengan bantuannya, kami sampai ke posisi sekarang,” katanya.

“Pol masih punya skor untuk berada di KTM. Karena ketika motor bisa menang, dia meninggalkan kami ke pabrikan lain, di mana ia mengejar impiannya saat kecil. Pada perjalannnya, diketahui bahwa tidak semuanya mudah di sana daripada saat bersama kami," jelas Beirer.

“Seperti Jack Miller, Pol punya kemampuan luar biasa," ia melanjutkan.

Kalau Espargaro benar benar pindah ke Tech3, peluang Remy Gardner untuk bertahan lebih besar daripada Fernandez. Namun, semuanya juga tergantung dengan hasil negosiasi tim dengan manajer pemuda asal Australia itu, Paco Sanchez.

Artikel Tag: Pol Espargaro, ktm, Tech3, repsol honda, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/ktm-berencana-tawarkan-kursi-untuk-pol-espargaro
896  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini