Unggul di Tikungan Lambat, Alfa Romeo Yakin Bisa Menggila di GP Monako

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 26 Mei 2022, 23:35 WIB
Alfa Romeo, Valtteri Bottas

Valtteri Bottas

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Valtteri Bottas menyebut keunggulan mobil Alfa Romeo di tikungan lambat membuat ia percaya diri bisa mendapatkan hasil maksimal di seri GP Monako.

Valtteri Bottas sukses membuat semua orang berdecak kagum dengan penampilannya di GP Spanyol akhir pekan lalu. Pria asal Finlandia tersebut mampu mengamankan P6.

Berdasarkan data yang dikumpulkan Alfa Romeo selama melaju di Sirkuit Barcelona, tim asal Swiss itu sadar pentingnya memaksimalkan potensi sasis C42 ketika meluncur pada tikungan lambat.

Dalam sesi kualifikasi, mereka mampu membukukan waktu tercepat ketiga pada sektor terakhir Sirkuit Barcelona yang dihiasi tikungan menengah-lambat.

Namun Ferrari masih menjadi tim yang paling unggul di Sirkuit Monte Carlo dengan catatan waktu 27,336 detik, diikuti Red Bull (27.411), Alfa Romeo (27,443), Haas (27,561), Mercedes (27,698), McLaren (27,768), Alpine (27,896), AlphaTauri (27,984), Aston Martin (28,197) dan Williams (28,586).

Dari data tersebut, Vlatteri Bottas pun optimistis menatap balapan berikutnya karena jenis tikungan lambat banyak tersaji di Monte Carlo.

“Saya kira, pekan depan akan sangat cocok untuk mobil kami. Banyak tikungan lambat, dan mobil kami sangat bagus dalam tikungan lambat,” tuturnya dikutip dari Motorsport.com.

Jika digali lebih dalam dari data GPS keseluruhan lap, Alfa Romeo menjadi tim tercepat di semua segmen Sirkuit Barcelona. Mereka memiliki traksi bagus saat melambat

Meski begitu Head of trackside engineering tim, Xevi Pujolar, tetap merendah. Ia tidak berpikir mereka akan lebih mudah merebut podium perdana musim ini di GP Monako.

“Dari sisi performa, saya tidak mengharap keajaiban pastinya. Kami kuat dalam kecepatan lebih rendah, tapi tim-tim top juga hebat dalam kecepatan rendah. Ini tidak seperti kami lebih baik daripada mereka, kami dekat dengan mereka,” ucapnya.

“Mungkin kami akan punya gap bagus di lini tengah, sedikit margin lagi. Tapi, saya kira untuk Ferrari, Red Bull dan Mercedes, melihat performa yang mereka miliki di Sektor 3 masih bagus,” lanjut Pujolar.

Meski berpikir mustahil bagi Alfa Romeo untuk menginjak kaki di tangga podium, bukan berarti Pujolar meremehkan timnya. Ia mengaku akan mengupayakan supaya Bottas dapat finis di posisi lebih baik dari sebelumnya.

“Kami memperjuangkan P4 (di Spanyol) dan kemudian berakhir di P6, jadi maksud saya kenapa tidak mengejar P4 atau lebih baik. Tentu kami akan mencoba,” tuturnya.

“Jika ada pebalap lain melakukan kesalahan, kami akan mencoba menyambar kesempatan. Tapi, prioritasnya adalah memastikan bahwa kami punya dua mobil yang kencang karena jika ada Zhou (Guanyu) di sana, kami akan jadi penantang kuat,” ia mengakhiri.

Artikel Tag: Alfa Romeo, F1 2022, gp monako

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/unggul-di-tikungan-lambat-alfa-romeo-yakin-bisa-menggila-di-gp-monako
727  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini