Sasis Ringan Jadi Rahasia Kesuksesan Max Verstappen di Empat Seri Terakhir

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 10 Sep 2022, 09:55 WIB
Max Verstappen

Max Verstappen

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Max Verstappen mengatakan bobot mobil Red Bull RB18 kini jauh lebih ringan dan seimbang sehingga ia mampu tampil kompetitif di beberapa seri terakhir.

Max Verstappen terus menegaskan dominasinya di kejuaraan F1 2022. Sang pebalap bahkan sudah mencatatkan 10 kemenangan dari 15 balapan yang sudah dilakoninya musim ini. Hal itu membuatnya memuncaki klasemen dengan total 310 poin.

Verstappen sempat mengalami kesulitan di awal musim 2022. Pemuda asal Belanda tersebut bahkan hanya mencetak poin pada dua dari tiga balapan pertama.

Namun sekarang kondisi telah berubah 180 derajat. Dari total 10 kemenangan, ia berhasil merebut empat kemenangan secara beruntun.

Catatan itu dimulai sejak balapan di Prancis, Hungaria, Belgia, dan yang teranyar di Belanda. Verstappen menyebut jika bobot mobil Red Bull RB18 yang lebih ringan menjadi kunci utama hegemoni timnya saat ini.

“Beberapa balapan terakhir sudah sangat bagus. Tetapi, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, hal itu lebih dikarenakan oleh bobot mobilnya,” ucapnya dikutip dari Racing News 365.

Pada awal F1 2022 jet darat RB18 memang kelebihan berat. Hal itu juga dialami oleh beberapa tim. Namun sejumlah perbaikan berhasil membuat mobil Die Roten Bullen lebih ringan.

Max Verstappen pun menjelaskan jika mobil pabrikan asal Austria tersebut punya keseimbangan yang tak merata akibat distribusi berat yang kacau. Inilah yang membuatnya tampil kurang kompetitif.

“Awalnya mobil ini kelebihan berat. Hal itu tidak membantu kesiembangan dari mobilnya. Karena hal itu membuat mobilnya menjadi malas dan distribusi beratnya berantakan. Hal itu membuat mobilnya sedikit understeer,” ia mengungkapkan.

Akhir pekan ini Verstappen dan para pebalap kelas premiernya lainnya sedang mentas di GP Italia. Sekadar informasi, di FP1 pemuda berusia 24 tahun itu sempat kalah dari duo Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz Jr. Ia hanya mampu mengamankan posisi kelima.

Meski begitu sang pemuncak klasemen masih optimistis bisa mencatatkan kemenangan kelimanya secara beruntun pada balapan utama yang berlangsung Minggu (11/9).

Artikel Tag: Max Verstappen, Red Bull, F1 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/sasis-ringan-jadi-rahasia-kesuksesan-max-verstappen-di-empat-seri-terakhir
521  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini