PSSI Disebut Sudah Bukukan Protap Pencegahan Virus Corona untuk Liga

Penulis: Dayat Huri
Kamis 04 Jun 2020, 05:45 WIB
PSSI Disebut Sudah Bukukan Protap Pencegahan Virus Corona untuk Liga

Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi/foto net

Berita Liga 1 Indonesia: Plt Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi mengklaim bahwa pihaknya sudah memiliki buku yang berisikan prosedur tetap (protap) pencegahan virus Corona atau Covid-19 untuk Liga 1 dan Liga 2 Indonesia 2020 yang diwacanakan akan kembali diputar pada September atau Oktober nanti.

Berdasarkan rapat virtual yang digelar PSSI bersama perwakilan klub Liga 1 dan Liga 2 disepakati bahwa kompetisi sepak bola tanah air akan kembali digulirkan dengan sejumlah protap kesehatan untuk memastikan keamanan pemain dan seluruh kalangan yang terlibat di dalamnya.

"PSSI sudah memiliki protap dan telah dibukukan. Nanti akan dibagikan ke seluruh klub dan suporter. Ini juga termasuk protap untuk tim nasional," kata Yunus Nusi, seperti dilansir laman Antara.

Dikatakannya, protap yang disusun dan telah dibukukan itu merupakan hasil adopsi dari arahan FIFA, Kemenpora, dan Kemenkes yang masing-masingnya sudah menerbitkan petunjuk terkait protap untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

FIFA menerbitkan petunjuk untuk melaksanakan kembali kegiatan sepak bola di tengah pandemi Covid-19. Dokumen FIFA itu sendiri berjudul Covid-19: Medical considerations for a return to footballing activities.

Dokumen tersebut memuat acuan yang dapat diterapkan untuk meminimalisir penularan Covid-19 terhadap semua pihak yang terlibat dalam kompetisi ataupun pertandingan sepak bola.

Kemenpora sendiri juga tengah menyusun protokol kesehatan untuk olahraga. Namun pada 17 Maret 2020, Kemenpora telah mengeluarkan surat dengan nomor 3.17.4/SET/III/2020 tentang protokol kewaspadaan pencegahan wabah Covid-19 bagi kegiatan olahraga.

Sementara Kemenkes telah mempublikasikan beberapa dokumen terkait protokol pencegahan penanganan Covid-19 termasuk pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19 yang diterbitkan pada 27 Maret 2020.

Artikel Tag: Liga 1, Liga 2, PSSI, pt lib

528  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini