Persik Berharap PSSI Punya Solusi Brilian Agar Persoalan Klub Vs Pemain Tidak Terjadi

Penulis: Dayat Huri
Kamis 28 Mei 2020, 14:45 WIB
Persik Berharap PSSI Punya Solusi Brilian Agar Persoalan Klub Vs Pemain Tidak Terjadi

Latihan skuat Persik Kediri sebelum penghentian Liga 1 2020 karena virus Corona/foto dok Liga Indonesia

Berita Liga 1 Indonesia: Sebagai salah satu klub yang mengusulkan penghentian Liga 1 Indonesia 2020 sepenuhnya, manajemen Persik Kediri berharap PSSI selaku induk organisasi sepak bola tanah air bisa membuat regulasi yang dapat dijadikan klub sebagai payung hukum untuk menghindari terjadinya berbagai permasalahan dengan pemain ataupun pelatih.

Presiden klub Abdul Hakim Bafagih menilai, di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19 seperti saat ini, masih cukup riskan apabila PSSI dan PT. Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan untuk tetap melanjutkan liga.

Namun demikian, penghentian liga sepenuhnya tentu akan meninggalkan permasalahan antara klub dengan pemain dan pelatih yang sudah teken kontrak sampai dengan akhir tahun.

"Saya berharap, Pak Iriawan selaku Ketua Umum PSSI punya solusi yang brilian dan menggemberikan," katanya seperti dilansir laman Antara.

Sebelumnya, PSSI sudah mengeluarkan Surat Keputusan yang bisa dijadikan pijakan bagi klub untuk melakukan pemotongan gaji selama kompetisi Liga 1 2020 dihentikan sementara waktu, mulai dari Maret sampai Mei.

Walaupun sudah melakukan pemotongan gaji pemain dan pelatih sebesar 75 persen dari total nilai kontrak yang disepakati pada awal musim. Klub-klub sepak bola tanah air masih cukup kesulitan untuk memenuhi kewajibannya itu karena selama liga terhenti, pemasukan klub juga praktis terhenti.

Kondisi itu yang membuat Persik Kediri kemudian memilih untuk mengusulkan penghentian liga karena finansial klub benar-benar terganggu akibat pandemi Covid-19 ini.

"Jika kompetisi dihentikan permaneh, kami meminta PSSI membuat payung hukum yang jelas. Itu menjadi garansi untuk menghindari klub terkena denda atau gugatan," jelasnya.

Artikel Tag: Liga 1, Persik Kediri, PSSI

366  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini