Hasil Piala Eropa 2020: Spanyol Pesta Gol, Swedia Kirim Polandia Pulang

Penulis: Rei Darius
Kamis 24 Jun 2021, 01:22 WIB
Spanyol meraih tiket lolos ke babak gugur Piala Eropa 2020.

Spanyol lolos ke babak gugur sebagai runner-up (Image: Getty)

Ligaolahraga.com -

Berita Piala Eropa: Spanyol berpesta lima gol atas Slovakia di Estadio de La Cartuja, Rabu (23/6) malam WIB, dan mengklaim tiket lolos ke babak gugur Piala Eropa 2020 sebagai runner-up Grup E.

Sang juara dunia satu kali berada dalam tekanan setelah hanya meraih dua poin dari dua laga pembuka Piala Eropa 2020, dan kesialan nampak masih menghinggapi mereka di awal lagi.

Spanyol berhasil mendapatkan penalti pada menit ke-12, namun tembakan Alvaro Morata terlalu mudah ditebak dan dihentikan oleh kiper Slovakia, Martin Dubravka.

Beruntung bagi La Furia Roja, Dubravka malah melakukan blunder usai salah mengantisipasi arah datangnya bola, yang menghunjam mistar gawang usai ditembakkan oleh Pablo Sarabia dari luar kotak penalti.

Aymeric Laporte makin membuat mereka nyaman karena keunggulan dua gol, dan sang juara dunia 2010 itu pun menggila di babak kedua. Sarabia akhirnya mencetak gol untuk dirinya sendiri, sebelum Ferran Torres memaksimalkan umpan penyerang Paris Saint-Germain itu dengan backheel-nya. Juraj Kucka mencetak gol bunuh diri kedua di laga ini untuk melengkapi kemenangan tim asuhan Luis Enrique menjadi 5-0.

Spanyol menjadi runner-up Grup E berkat kemenangan ini, sebab posisi juara grup diamankan oleh Swedia, yang sukses memulangkan Polandia dengan skor 3-2 di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg.

Tim Viking sudah dipastikan lolos sebelum laga digelar karena sudah memiliki empat poin. Itu sudah cukup untuk setidaknya lolos sebagai salah satu dari tim peringkat keempat terbaik.

Namun negara Skandinavia itu langsung tancap gas ketika laga baru berjalan dua menit, ketika Emil Forsberg berhasil mencetak gol keduanya di turnamen ini, sebelum sang pemain sayap RB Leipzig itu menggandakan skor pada babak kedua, setelah memanfaatkan umpan dari Dejan Kulusevski, yang menggiring bola dari tengah lapangan hingga ke dekat kotak penalti.

Polandia punya harapan untuk bisa lolos ke babak berikutnya, setelah tembakan terukur Robert Lewandowski memangkas ketertinggalan, dan kemudian sang striker Bayern Munich itu menciptakan gol penyeimbang di menit ke-84.

Namun harapan untuk lolos itu sirna di masa injury time, lantaran Viktor Claesson memaksimalkan operan dari Kulusevski di kotak penalti, dan berhasil menyarangkan gol ketiga untuk Swedia di laga ini.

Polandia pun pulang setelah hanya meraih satu poin di turnamen ini, bersamaan dengan Slovakia yang dipastikan gagal meraih tiket lolos sebagai tim peringkat ketiga terbaik, karena selisih gol yang sangat jauh, yaitu minus lima (-5).

Hasil pertandingan Piala Eropa 2020, Rabu (23/6) malam WIB

Swedia 3-2 Polandia — (Emil Forsberg 2', 59', Viktor Claesson 90+4'; Robert Lewandowski 61', 84')

Slovakia 0-5 Spanyol — (Martin Dubravka 30' [bd], Aymeric Laporte 45+3', Pablo Sarabia 56', Ferran Torres 67', Juraj Kucka 71' [bd])

Artikel Tag: Spanyol, Polandia, Piala Eropa 2020, Swedia, Slovakia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/hasil-piala-eropa-2020-spanyol-pesta-gol-swedia-kirim-polandia-pulang
598  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini