Lituania International, Turnamen Pemanasan Jelang Olimpiade Tokyo

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 11 Jun 2021, 17:30 WIB
Lituania International, Turnamen Pemanasan Jelang Olimpiade Tokyo

Lituania International 2021/[Foto:Badmintoneurope]

Berita Badminton : Saat kita semakin dekat dengan Olimpiade, aksi bulu tangkis berlanjut di Kaunas untuk Lituania Internasional 2021 yang dimainkan 11-13 Juni. Banyak talenta menarik yang akan dipamerkan.

Tunggal putra

BR Sankeerth kelahiran India dari Kanada, masuk sebagai unggulan pertama. Peraih medali perunggu Kejuaraan Pan Am yang baru saja dinobatkan telah memenangkan gelar di Amerika Utara dan Selatan dan akan senang untuk melejit di Eropa.

Danylo Bosniuk berada di unggulan kedua Lituania International. Pemain berusia 20 tahun itu menerima Wildcard untuk Kejuaraan Eropa 2021 di Kyiv pada bulan April dan memiliki kemenangan yang tak terlupakan dalam memenangkan pertandingan di kandang sendiri. Sekarang dia sedang mencari gelar senior pertamanya. Pemain Center of Excellence, Cristian Savin dari Moldova, 20, dan Yonathan Levit dari Israel, 23, masing-masing berada di unggulan keenam dan ketujuh. Tentu saja, salah satu yang harus diperhatikan adalah Magnus Johannesen dari Denmark. Banyak yang diharapkan dari talenta muda ini. Dia memiliki kenangan indah dari wilayah Baltik karena pada 2019 dia mencapai final Latvia International sebagai kualifikasi, kali ini di Lituania dia diunggulkan kelima.

Berbicara tentang lolos dari kualifikasi, inilah yang harus dilakukan oleh talenta muda Prancis, Alex Lanier, tahun ini. Remaja berusia 16 tahun yang belum lama ini masuk lycée (SMA), tidak hanya berhasil keluar dari undian di Slovenia International dan Austria tetapi juga mencapai perempat final. Akankah kita melihat langkah mendalam lainnya dari salah satu prospek paling menarik di bulu tangkis Eropa? Tunggal putri Ksenia Polikarpova yang berpengalaman berada di puncak unggulan tetapi mengalami kesulitan untuk memulai permainannya tahun ini. Baru-baru ini dia melampaui tantangan Rachael Darragh di Kyiv, tetapi kemudian bertemu dengan peraih medali perak Eropa, Line Christophersen di babak 16 besar. Malvika Bansod, 19 tahun, dari India datang ke Eropa setelah kemenangannya di Uganda International dan tampil mengesankan di Austrian Open. Kalah tipis dalam tiga pertandingan di perempat final dari sang juara akhirnya, Clara Azurmendi.

Goh Jin Wei adalah nama dalam undian yang menarik perhatian, namun sayangnya tim Malaysia telah menarik semua pemain mereka. Bakat super, sekarang 21, memenangkan Kejuaraan Dunia Junior pada tahun 2015, hanya pada usia 15 tahun, dan juga pada tahun 2018, mengalahkan Line Christophersen di final. Goh juga meraih emas di Youth Olympic Games 2018. Pemain peringkat 24 dunia yang dulunya harus menunggu sedikit lebih lama untuk mendapatkan peluang untuk menaikkan peringkatnya.

Juara Eropa U17 2019, Mariia Golubeva, tersingkir di perempat final Kejuaraan Junior Eropa tahun lalu. Baru saja menginjak usia 17 tahun, Golubeva lolos dari kualifikasi di Slovenia International dan kemudian ke babak 16 besar. Akan menarik untuk melihat bagaimana dia tampil pekan ini.

Ganda putra

Rekan sesama negara Baltik, Estonia, mulai berlaku untuk Lithuania di ganda putra. Kristjan Kaljurand/ Raul Käsner adalah unggulan teratas. Kaljurand telah memenangkan gelar nasional di Estonia, dua gelar di negara tetangga Latvia, jadi dia akan menyelesaikan set Baltik jika menang di tanah Lituania. Emil Lauritzen/ Mads Vestergaard berada di tahap awal kemitraan baru mereka, dan mereka telah memulai dengan awal yang menyenangkan. Di Portugal International, mereka mencapai final dan menekan Mads Pieler Kolding/Frederik Søgaard yang lebih berpengalaman di final.

Di Spain Masters, mereka mendapat hasil imbang yang sial dan bertemu dengan pasangan berbakat Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, yang berhasil merebut gelar. Di Austria, sekali lagi mereka bertemu dengan pemenang akhirnya, Junaidi Arif/ Muhammad Haikal, di perempat final tetapi membawa mereka ke tiga. Ganda putri Kategori turnamen yang paling terbuka, dengan banyak pemain muda dan kemitraan baru. Ada perubahan dalam pasangan Prancis. Tea Margueritte dan Laeticia Jaffrennou telah berpisah setelah turnamen di Portugal dan Spanyol tahun ini untuk bermitra dengan Anna Tatranova dan Anouk Nambot masing-masing. Peraih medali perunggu ganda campuran Junior Eropa, Flavie Vallet, melanjutkan kemitraannya dengan Emilie Vercelot. Bisakah bintang muda Prancis melenceng di Lituania? Ini akan menjadi pertama kalinya sejak 2015, ketika Marie Batomene/Teshana Vignes Waran mengambil gelar.

Ganda campuran

Peluang terbaik untuk kemenangan kandang bagi Lithuania mungkin terletak di kategori ganda campuran. Terakhir kali mereka memiliki pemain di puncak podium adalah delapan tahun lalu ketika Akvilė Stapušaityt memenangkan tunggal putri 2013. Mark Sames/ Vytaute Fomkinaite diunggulkan kedua, tetapi terakhir kali mereka bermain bersama adalah pada 2019, ketika mereka mencapai perempat final Slovenia Future Series.

Namun, banyak talenta muda akan mengambil kesempatan mereka untuk tampil mengesankan di Kaunas. Yakni Mads Vestergaard/ Clara Løber yang dipertemukan kembali sejak Kejuaraan Junior Eropa di Finlandia. Mereka bersaing untuk mendapatkan emas tetapi pergi tanpa medali. Meskipun Løber meraih perunggu di ganda putri dan Vestergaard meraih emas di ganda putra. Sejak itu, mereka telah mencoba mitra baru. Vestergaard melihat hasil terbaik, dengan semifinal Portugis Internasional dan yang terbaru perempat final Austria Terbuka. Hasil yang bagus di atas kertas, tetapi mungkin secara visual membuat penonton berpikir bahwa mereka kehilangan kesempatan untuk melangkah lebih jauh. Akan menarik untuk melihat seberapa jauh pasangan ini bisa pergi minggu ini.

Kombinasi Malta-Finlandia juga muncul dari layar saat menelusuri undian. Matthew Abela, yang saat ini sedang berlatih di Center of Excellence, menerima kabar baik bahwa dia akan pergi ke Tokyo. Dalam upaya untuk mendapatkan sebanyak mungkin bulu tangkis sebelum itu, pemain tunggal berpasangan dengan petenis Finlandia, Hanna Karkaus.

Artikel Tag: Lituania International 2021

1758  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini