Penampilan Impresif Morbidelli Jadi Motivasi untuk Valentino Rossi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 06 Jun 2021, 13:15 WIB
Valentino Rossi

Valentino Rossi dan Franco Morbidelli

Berita MotoGP: Morbidelli berhasil tampil memuaskan saat sesi latihan bebas di MotoGP Catalunya, penampilannya tersebut memotivasi Valentino Rossi untuk tampil lebih baik.

Valentino Rossi kali ini harus belajar dari muridnya sendiri, Franco Morbidelli. Pasalnya, Morbidelli menjadi salah satu pebalap tercepat pada dua sesi latihan bebas pertama MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Jumat (4/6/2021).

Pebalap Petronas Yamaha SRT itu menempati posisi kedua dalam hasil kombinasi latihan bebas dengan catatan waktu 1 menit 39,256 detik pada FP2. Catatan waktu terbaik Morbidelli hanya selisih 0,021 detik dari Johann Zarco (Pramac Racing) yang menjadi pebalap tercepat di FP2 MotoGP Catalunya.

Pebalap asal Italia itu tidak hanya kuat dalam mengejar catatan waktu lap terbaik, tetapi juga dalam long run alias simulasi lomba. Ia menjadi satu-satunya pebalap yang mampu menyentuh waktu lap 1 menit 39 detik tanpa menggunakan ban lunak.

Morbidelli melakukan simulasi lomba dengan kombinasi ban medium-keras pada FP2 dan konsisten berada di interval bawah 1:40'. Fakta bahwa pebalap berusia 26 tahun itu melakukannya dengan tipe ban yang cenderung keras menarik perhatian dari mentor sekaligus rekan setimnya, Valentino Rossi.

Sudah bukan menjadi rahasia bahwa Rossi sejak dahulu lebih memilih menggunakan ban tipe keras yang karena bisa digunakan lebih lama. Lebih-lebih, Sirkuit Catalunya menuntut penggunaan ban ekstra karena pebalap menghabiskan sebagian besar putaran mereka di tikungan cepat dan panjang.

Akan tetapi, ada konsekuensi yang harus dihadapi Rossi dan juga pebalap lain yang menggunakan ban tipe keras. Permukaan aspal di Sirkuit Catalunya memiliki grip yang tergolong rendah sehingga pebalap harus mengeluarkan usaha ekstra untuk mencapai ritme balapan yang ideal.

Hal itu pula yang membuat pebalap berjuluk The Doctor itu baru menjajal opsi ban yang cenderung lunak yaitu ban lunak-medium pada FP1 dan ban medium-medium pada FP2.

Apabila dilihat dari catatan waktunya, Rossi tertinggal cukup jauh dari Morbidelli dengan selisih mencapai satu detik lebih lambat.

Alhasil, performa kuat Franco Morbidelli membuat Rossi tertarik untuk menggunakan opsi ban serupa.

"Saya menyukai tipe ban ini. Ini bekerja dengan baik di Portimao, tetapi ada beberapa trek, contohnya Jerez, di mana ban ini tidak mungkin dipakai,” kata Rossi dilansir dari GPOne.

"Franco berhasil tampil cepat dan saya berharap perfoma saya akan lebih bagus jika menggunakan cara serupa," imbuhnya.

Rossi sendiri belum puas dengan performanya. Ia merasa membuat kesalahan dengan setelan motornya saat sesi FP2.

"Kami mengubah weight balance untuk meningkatkan pengereman, karena fase ini sekarang sangat penting di MotoGP. Saya memang lebih baik dalam pengereman tetapi lambat saat memasuki tikungan. Saya mengalami masalah karena motor sulit dibelokkan,” ungkap Rossi.

Artikel Tag: Franco Morbidelli, Valentino Rossi, MotoGP 2021, motogp catalunya

952  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini