Valtteri Bottas Yakin Kecelakaan di Hungaroring Tak Pengaruhi Kontraknya

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 04 Agu 2021, 18:00 WIB
Valtteri Bottas

Valtteri Bottas

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Valtteri Bottas meyakini insiden kecelakaan besar yang disebabkan dirinya di GP Hungaria akhir pekan lalu tak akan mempengaruhi kontraknya bersama Mercedes.

Usai start dari grid kedua di GP Hungaria akhir pekan lalu, Valtteri Bottas mengalami selip menjelang masuk ke Tikungan 1 Sirkuit Hungaroring. Alhasil, ia menyenggol mobil Lando Norris. Setelah itu, rem mobil W12 miliknya terkunci sehingga menghantam mobil Sergio Perez. Ketiga mobil tersebut pun mengalami kerusakan parah dan tidak bisa melanjutkan balapan.

Max Verstappen juga ikut menjadi korban dari kecelakaan tersebut usai ditabrak oleh Norris. Namun Verstappen masih mampu melanjutkan balapan dan akhirnya finis di P10. Pebalap asal Belanda itu kemudian naik satu posisi karena Sebastian Vettel yang finis di P2 didiskualifikasi dari GP Hungaria.

“Itu memang kesalahan saya. Saya datang dari belakang dan ingin lebih cepat mengerem. Tetapi, saya salah perhitungan soal titik pengereman (braking point),” ucap Bottas dikutip dari Motorsport.com.

Pebalap asal Finlandia itu mengakui bahwa kondisi lintasan yang basah membuatnya salah membuat perkiraan saat akan melakukan pengereman.

“Itu karena saat mulai mengerem, saya mulai mendekati tikungan dan mengunci ban. Saya menabrak Lando dan itu awal dari insiden ini. Jadi, saya akui itu salah perhitungan,” ia menjelaskan.

Banyak yang menilai, insiden tersebut bakal berpengaruh besar terhadap posisi Valtteri Bottas di Mercedes. Seperti diketahui, pabrikan asal Jerman itu tengah mencari rekan baru untuk Lewis Hamilton pada F1 2022. Pebalap Williams, George Russell, pun dirumorkan bakal menggantikan Bottas.

Namun Bos Mercedes, Toto Wolff mengaku akan mengambil keputusan soal tandeman Hamilton untuk musim depan saat liburan musim panas. Keputusan mereka untuk mengajak Russell menguji ban 18 inci untuk F1 2022 di Hungaroring, Selasa (3/8), semakin menguatkan asumsi soal pilihan The Silver Arrows.

Kendati begitu, Bottas menampik bila kesalahannya di GP Hungaria akan memengaruhi keputusan Mercedes terkait komposisi pebalap untuk F1 2022.

“Kami belum bicara soal itu (masa depan saya). Saya tidak yakin satu balapan akan memengaruhi segalanya, saya yakin itu. Tunggu saja dalam beberapa pekan ke depan, apa yang akan terjadi,” tutur Bottas.

Pebalap berusia 31 tahun itu juga secara terbuka mengaku akan berusaha keras untuk membayar kesalahannya dengan tampil maksimal di Sirkuit Spa-Francorchamps, tuan rumah GP Belgia, yang digelar akhir bulan nanti.

Artikel Tag: Valtteri Bottas, Mercedes, F1 2021, GP Hungaria

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/valtteri-bottas-yakin-kecelakaan-di-hungaroring-tak-pengaruhi-kontraknya
673  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini