Sebastian Vettel Terima Tawaran Aston Martin karena Ada Peran Mercedes?

Penulis: Senja Hanan
Minggu 07 Feb 2021, 21:39 WIB
Sebastian Vettel saat menjajal mobil Aston Martin.

Sebastian Vettel saat menjajal mobil Aston Martin.

Berita F1:Mantan bos Eddie Jordan mengatakan kepindahan Sebastian Vettel ke Aston Martin tidak lepas dari campur tangan Mercedes, namun bukan tim F1 mereka.

Memang, sepanjang kariernya Vettel tidak pernah berseragam atau didukung pabrikan asal negaranya itu, Jerman. Namun, Mercedes-Benz AG memiliki 20 persen saham Aston Martin.

Hanya beda tipis dengan konsorsium pimpinan miliuner Kanada, Lawrence Stroll (25 persen). Stroll inilah yang selama ini terjun langsung di F1 sejak Aston Martin masih bernama Racing Point.

Kedekatan Mercedes masih ditambah dengan keputusan Toto Wolff, Prinsipal Tim Mercedes-AMG Petronas F1, yang membeli 4,8 persen. Meskipun langkah Wolff ini murni urusan pribadinya, bukan tim Mercedes F1.

“Tidak diragukan lagi bila Sebastian Vettel mau menerima tawaran Aston Martin karena faktor Mercedes. Aston Martin akan memakai mesin Mercedes, itu penyebabnya,” ucap Jordan, pria asal Irlandia, 72 tahun.

“Memang bukan dari tim F1 Mercedes. Tapi pabrikan mereka, Mercedes, yang terlibat langsung di Aston Martin F1. Saya yakin Mercedes menginginkan Vettel untuk menjadi bagian dari tim. Memang, bukan semua keputusan Mercedes, namun peran mereka krusial.”

Vettel adalah juara dunia empat kali (2010, 2011, 2012, 2013) dengan 53 kali kemenangan di F1. Di Aston Martin, Vettel melihat proyek yang menjanjikan. Orang-orang di balik tim ini juga bukan sembarangan.

“Aston Martin memilih Vettel karena pengalamannya sebagai juara dunia dan kemampuannya mengembangkan mobil. Saya bicara ini karena sudah pernah mengalaminya,” tutur Jordan.

Artikel Tag: Sebastian Vettel, aston martin

1493  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini