Halangi Laju Alonso, Posisi Start Sebastian Vettel Turun Tiga Grid

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 04 Jul 2021, 17:15 WIB
Sebastian Vettel

Sebastian Vettel

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Sebastian Vettel mendapat hukuman penalti penurunan tiga grid karena dianggap menghalangi laju Alonso di Q2 sehingga akan start dari grid ke-11 di GP Austria.

Sebastian Vettel mendapatkan kado tak menyenangkan tepat saat merayakan ulang tahunnya yang ke-34 pada Sabtu (3/7). Pebalap Aston Martin tersebut sebenarnya berhasil mengamankan posisi start kedelapan di kualifikasi GP Austria yang digelar pada hari itu.

Namun usai balapan berakhir, steward memutuskan untuk menjatuhkan hukuman penurunan tiga grid kepada Vettel. Alhasil, juara dunia empat kali itu akan start dari grid ke-11 pada balapan utama.

Pebalap asal Jerman itu secara tak sengaja menghalangi laju Fernando Alonso di Tikungan 9 dan 10 di mana para pebalap telah menyetujui kesepakatan dengan Direktur Balap FIA, Michael Masi untuk tak melaju terlalu lambat demi alasan keselamatan.

Akibatnya, Alonso gagal lolos ke Q3 karena hanya menempati P14. Pebalap Alpine itu pun mengaku sangat kecewa dengan pencapaiannya itu, namun dirinya tak mau menyalahkan Vettel.

Sebastian Vettel sendiri langsung meminta maaf kepadanya dan menjelaskan bahwa ia sama sekali tak bermaksud untuk merugikan Alonso, namun karena terhalang sejumlah pebalap didepannya.

Meski begitu, FIA memberikan pandangan berbeda mengenai situasi yang dihadapi Vettel. Hal tersebut terlihat dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan mereka beberapa saat setelah kualifikasi selesai.

“Alonso sedang melakukan fast lap sebelum akhir Q2. Saat mendekati dua tikungan terakhir (9 dan 10), masih ada antrean 3 mobil yang bersiap untuk putaran kualifikasi terakhir mereka,” demikian pernyataan FIA.

“Vettel adalah mobil terakhir di baris ini dan menghambat Alonso. Akibatnya, Alonso harus membatalkan putaran kualifikasi terakhirnya.”

Selain posisi startnya turun tiga grid, eks pebalap Ferrari itu juga mendapat penalti satu poin pada super licence miliknya menjadi enam dalam 12 bulan terakhir.

Sebelumnya, Valtteri Bottas dan Carlos Sainz yang masing-masing finis kelima dan ke-11 di kualifikasi GP Styria diinvestigasi oleh Steward karena dinilai melaju terlalu lambat di area yang sama.

Tetapi, keduanya lolos dari hukuman dengan alasan banyak pebalap yang menghalangi laju mereka sehingga tak ada yang bisa dianggap sebagai penyebab utama.

Artikel Tag: Sebastian Vettel, aston martin, F1 2021, GP Austria

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/halangi-laju-alonso-posisi-start-sebastian-vettel-turun-tiga-grid
870  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini