banner babe

Ferrari Dijatuhi Banyak Hukuman Akibat Tindakan Leclerc di GP Jepang

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 21 Okt 2019, 19:45 WIB
Ferrari Dijatuhi Banyak Hukuman Akibat Tindakan Leclerc di GP Jepang

Charles Leclerc, Ferrari F1.

Berita F1: Ferrari mendapat serentetan hukuman dari FIA lantaran beberapa tindakan yang dilakukan oleh pebalap mereka, Charles Leclec pada balapan F1 GP Jepang pekan lalu.

Kendati sejatinya mampu start dari posisi depan, nyatanya Charles Leclerc harus menjalani balapan GP Jepang dengan penuh kesulitan. Perjuangannya untuk finis di posisi terdepan justru terhalang oleh rentetan kesalahan yang dibuatnya sendiri.

Kesalahan pertama dilakukan Leclerc pada lap pertama, saat menabrak bagian samping mobil yang dikendarai Max Verstappen. Akibat insiden itu, mobil Verstappen melintir (spin) ke luar trek. Pebalap Red Bull Racing itu gagal finis meski mencoba melanjutkan balapan.

Bukan hanya itu,insiden tabrakan dengan rivalnya, Leclerc kembali berulah ketika tidak segera mematuhi instruksi dari timnya untuk melakukan pitstop. Padahal Ferrari meminta Leclerc masuk ke pit pada akhir putaran kedua untuk mengganti sayap depan yang hancur akibat tabrakan dengan Verstappen.

Sikap membangkang Leclerc pun membahayakan pebalap lainnya. Serpihan sayap depannya itu hampir mengenai Lewis Hamilton yang kala itu berada di belakangnya.

Berbagai kesalahan itu membuat Race Stewards menjatuhkan tiga hukuman kepada Charles Leclerc. Race Stewards pertama-tama menjatuhkan hukuman penalti lima detik kepada Leclerc akibat membuat Verstappen keluar dari trek.

Keputusan membalap dengan mobil yang "dalam kondisi tidak aman" membuat total penalti waktu yang diterima oleh pebalap asal Monako itu menjadi 15 detik.

Penalti itu membuat posisi finis Leclerc turun satu setrip ke urutan tujuh, atau dinyatakan finis di belakang Daniel Ricciardo (Renault) yang naik ke posisi enam.

Bukan hanya itu, ia juga mendapat dua poin penalti terhadap lisensinya. Sekadar informasi, apabila dalam periode 12 bulan pebalap mengoleksi 12 poin penalti, dia akan dilarang tampil dalam satu balapan berikutnya.

Tak hanya Leclerc, Ferrari juga mendapat hukuman berupa denda sebesar 25 ribu euro, atau sekitar 390 juta rupiah. Ferrari dihukum karena tidak segera melakukan perintah Race Director yang meminta Leclerc pitstop pada lap pertama, atau tepat setelah insiden dengan Verstappen.

Artikel Tag: Charles Leclerc, Ferrari, f1 2019, GP Jepang

974  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini