Shin Tae-yong Sebut Dirinya Butuh Liga untuk Membentuk Timnas Kuat

Penulis: Dayat Huri
Jumat 23 Okt 2020, 18:30 WIB
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong/foto dok pssi

Berita Timnas Indonesia: Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkapkan pentingnya liga untuk membentuk timnas kuat dan bisa bersaing dengan negara-negara lain. Karena itu, ia berharap Liga 1 dan Liga 2 Indonesia bisa kembali bergulir setelah sempat terhenti karena adanya pandemi virus Corona atau Covid-19 semenjak pertengahan Maret lalu.

Sampai sejauh ini, upaya PSSI dan PT. LIB (Liga Indonesia Baru) untuk menggulirkan kembali kompetisi masih terhambat karena belum keluarnya izin pertandingan dari pihak kepolisian.

"Ujung dari sebuah kompetisi itu timnas. Karena di kompetisi resmi, pemain akan mendapatkan atmosfer pertandingan. Ini beda dengan kalau hanya training camp dan uji coba dengan timnas negara lain atau klub," ujar Shin Tae-yong.

Itu sebabnya pelatih asal Korea Selatan itu menginginkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bisa kembali digelar dalam waktu dekat ini.

"Jadi tidak bisa menunda-nunda kompetisi. Karena ini menjadi bagian penting dalam perjalanan sebuah timnas. Lebih cepat kompetisi digelar lagi akan semakin bagus."

"Saya membutuhkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 diputar lagi untuk bisa memantau secara langsung perkembangan pemain di klubnya masing-masing. Saya juga bisa memantau jika ada pemain yang bisa dipanggil untuk memperkuat timnas U-19. Kalau tidak ada kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bagaimana saya bisa memantau pelaksanaan program yang sudah saya siapkan," imbuhnya.

Shin Tae-yong menambahkan, untuk timnas Indonesia U-19 yang telah menuntaskan pemusatan latihan (TC) di Kroasia, ia sudah bisa melakukan evaluasi terhadap individu pemain.

"Siapa yang punya kualitas bagus tentunya kan dipertahankan. Kompetisi sangat perlu agar pemain melakukan pertandingan untuk mengasah kemampuan mereka saat mereka tidak TC dengan Timnas," pungkas pelatih yang menukangi Korea Selatan pada Piala Dunia 2018 tersebut.

Artikel Tag: Shin Tae-Yong, timnas Indonesia, Liga 1, Liga 2

1180  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini