Robert Nilai Terlalu Dini Untuk Gelar Kompetisi Bulan Maret 2021

Penulis: M. Aldi
Senin 18 Jan 2021, 22:30 WIB
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts

Robert Rene Alberts (foto : Persib Official)

Berita Liga 1 Indonesia : Hasil pertemuan klub kontestan Liga 1 dengan PT. LIB belum menemui titik terang terkait masa depan kompetisi. Namun ada proyeksi liga musim 2021 digelar bulan Maret dan rencana itu ditanggapi oleh juru racik taktik Persib, Robert Rene Alberts.

Menurutnya terlalu dini untuk menggelar kompetisi dengan format liga di bulan Mei. Karena seluruh klub Liga 1 saat ini dalam kondisi yang tidak siap. Sedangkan butuh waktu untuk menyiapkan tim guna bertempur di kompetisi.

Setiap kontestan kini sedang meliburkan pemainnya karena tidak jelasnya kompetisi. Bahkan ada tim yang dibubarkan karena kontrak pemain habis dan klub tidak memiliki cukup pemasukan. Robert menilai liga harus digelar saat setiap kesebelasan memang sudah layak bertarung.

"Rencana untuk menjalankan liga bulan Maret juga terlalu cepat. Setiap klub belum mulai berlatih, dan banyak klub masih mencari pemain asing baru. Kami berbicara mengenai kualitas liga serta antusiasme untuk suporter dan standar dari sepakbola Indonesia dalam platform yang lebih besar," ujar dia ketika diwawancara.

Menggulirkan kompetisi tak bisa dilakukan secara terburu-buru. Idealnya harus ada persiapan matang seperti ketika liga musim 2017 digelar. Saat itu liga yang bangkit pasca disanksi FIFA melakukan terobosan dengan memakai regulasi marquee player.

"Karena jangan lupa juga, banyak orang yang membicarakan sepakbola Indonesia ketika dimulai lagi (musim 2017) dan Persib Bandung mendatangkan pemain besar seperti Michael Essien, itu menarik perhatian dunia melihat sepakbola di Indonesia," terang dia.

Jika kompetisi digelar Maret, maka hanya ada waktu untuk peserta liga bersiap kurang lebih dua bulan. Menurutnya, waktu yang tersedia itu tidak cukup untuk menyiapkan para pemain berkompetisi. Mengingat sudah setahun mereka tidak tampil di pertandingan resmi.

"Jadi saya pikir bulan Maret terlalu cepat, karena klub belum berlatih, belum melakukan persiapan, pemain tidak bermain selama satu tahun. Jika di musim yang normal, di kondisi yang normal, pemain berlibur selama 6-8 pekan dan setelah itu latihan pramusim juga berjalan 6-8 pekan. Itu karena kondisi tidak terlalu menurun," jelasnya.

"Tapi sekarang kami tidak bermain selama satu tahun. Dan jangan lupakan juga sulitnya berlatih di Indonesia dengan situasi seperti saat ini karena covid. Tidak mudah untuk menggelar uji coba atau juga latih tanding. Jadi jika ada masukan liga bergulir Maret, saya rasa itu terlalu cepat," tukasnya.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib

586  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini