LIB Sosialisasikan Penerapan VAR, Persib Beri Respon Positif

Penulis: M. Aldi
Rabu 24 Apr 2024, 09:30 WIB
Persib mendapat sosialisasi penerapan VAR

Persib mendapat sosialisasi penerapan VAR

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Persib mendapat sosialisasi penerapan Video Assistant Referee (VAR). Rencananya kompetisi sudah menggunakan teknologi ini pada babak championship series yang dimulai Mei 2024 mendatang.

Agenda sosialisasi dilakukan pada Selasa (23/4) di Graha Persib. Maung Bandung jadi klub pertama yang mendapat pemaparan dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait penerapan teknologi tersebut.

Selain dari pihak LIB, hadir pula asisten instruktur wasit VAR PSSI, Fahrizal Tahar. Bojan Hodak menyebut bahwa ini merupakan hal bagus bagi seluruh elemen di timnya untuk mendapat informasi terkait peraturan.

"Iya ini bagus untuk mengedukasi kami karena kadang kami juga lupa dengan beberapa peraturan," ujar sang pelatih Maung Bandung ini ketika diwawancara seusai agenda sosialisasi.

Penting untuk dia dan juga pemain untuk bisa dapat penjelasan terkait video assistant referee. Sehingga apa saja keputusan yang bisa diintervensi dari VAR bisa dipahami dan menjelaskan semuanya.

"Jadi ini bagus untuk memberikan pemaparan bagi kami mengenai penerapan VAR, karena ini bisa menjelaskan beberapa hal yang tidak jelas. Jadi setelah tadi ada presentasi ini, anak-anak menjadi lebih mengerti dan paham," ujar Bojan Hodak.

Dukungan terhadap teknologi ini juga disambut oleh Victor Igbonefo selaku pemain Persib. Dia menyebut bahwa ini adalah langkah maju dari Indonesia untuk meningkatkan kualitas kompetisi seperti negara lain.

"Aku pikir ini sesuatu yang bagus untuk sepakbola Indonesia, karena kita semua di sini setiap tahun semakin maju dan dengan adanya VAR ini adalah satu langkah yang baik. Jadi sangat bagus," ucapnya.

Dia pun berharap pemaparan dari PT LIB bisa dipahami oleh semua pemain. Karena ini bisa meminimalisir potensi kelalaian dari wasit dalam mengambil keputusan dan membuat pemain juga tidak perlu banyak melakukan protes.

"Harapan aku di sini, semua bisa lebih direncanakan dan kita tadi dikasih belajar sama pemahaman, semua harus paham dan menghargai keputusan apapun dari VAR ini," kata Victor Igbonefo.

"Seperti tadi informasi yang kita dapatkan ini cukup membantu, jadi ini aku pikir tidak akan terlalu sering untuk protes ke wasit karena akan dapat bantuan dari VAR," pungkas dia.

Artikel Tag: Persib, bojan hodak, Victor Igbonefo, VAR

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/lib-sosialisasikan-penerapan-var-persib-beri-respon-positif
307  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini