Italia Gandeng Arab Saudi untuk Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030?

Penulis: Rei Darius
Jumat 16 Jul 2021, 21:45 WIB
Italia berpotensi ajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030 bersama Arab Saudi.

Italia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 bersama Arab Saudi (Image: Getty)

Ligaolahraga.com -

Berita Piala Dunia: Kabar yang dirilis The Athletic mengklaim bahwa Italia berpotensi untuk bekerja sama dengan Arab Saudi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

Presiden FIGC, Gabriele Gravina, mengutarakan kepada media pada hari Kamis (15/7) kemarin, bahwa Italia berharap untuk bisa melanjutkan antusiasme keberhasilan menjuarai Piala Eropa 2020, dengan mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Eropa 2028 atau Piala Dunia 2030.

Namun demikian, itu tidak harus hanya dilaksanakan di tanah Negeri Pizza saja, lantaran itu bukanlah hal yang aneh jika tuan rumah suatu turnamen dikerjakan oleh dua negara di zaman modern ini.

Apalagi, dengan format baru yang diperkenalkan mulai Piala Dunia 2026 mendatang, dengan adanya 48 tim yang bakal ikut serta dalam turnamen.

Namun ada hal yang aneh pada pengajuan kali ini. Biasanya, dua negara yang menjadi tuan rumah adalah negara-negara yang bertetangga, seperti Piala Dunia 2002 di Korea dan Jepang, Piala Eropa 2008 di Austria dan Swiss, Piala Eropa 2012 di Polandia dan Ukraina, namun kini Italia bisa mengajukan diri bersama Arab Saudi.

Menurut The Athletic, Boston Consultacy Group menyarankan Arab Saudi sebagai negara pendamping untuk menjadi tuan rumah. Mereka seharusnya bisa bekerja sama dengan Mesir atau Maroko yang lebih dekat, namun bekerja sama dengan Negeri Mediterania itu adalah opsi yang lebih menarik pada hal ini.

Kedua negara memiliki hubungan yang baik dalam kerja sama, karena FIGC juga sering menggelar turnamen domestiknya, seperti final Piala Super, di tanah Arab dalam beberapa tahun terakhir.

Namun tentu ide ini terlalu brutal untuk diterima oleh akal sehat orang-orang Italia, karena tentunya jarak yang sangat jauh, selain alasan-alasan idealisme lainnya yang melatarbelakangi kedua negara.

Pada saat ini, Spanyol dan Portugal dikatakan sebagai yang terfavorit untuk memenangkan hak tuan rumah pada Piala Eropa 2028.

Artikel Tag: Italia, Arab Saudi, Piala Dunia 2030

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/italia-dan-arab-saudi-kerja-sama-untuk-jadi-tuan-rumah-piala-dunia-2030
564  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini