Bungkam Juara Bertahan, Rafael Nadal Pastikan Diri Melaju Ke Semifinal

Penulis: Dian Megane
Jumat 20 Nov 2020, 09:09 WIB
Rafael Nadal masih berpeluang untuk mengklaim gelar ATP Finals pertama dalam kariernya

Rafael Nadal melaju ke babak empat besar ATP Finals untuk kali keenam dalam kariernya

Berita Tenis: Rafael Nadal memahami dengan baik bahwa jika ia kalah di laga terakhir fase grup ATP Finals, musim 2020 akan berakhir baginya.

Oleh karena itu, petenis berkebangsaan Spanyol berjuang keras demi menumbangkan juara bertahan, Stefanos Tsitsipas dengan 6-4, 4-6, 6-2 hingga ia diganjar satu tempat di babak empat besar ATP Finals musim ini. Tsitsipas pun harus gigit jari karena usahanya untuk mempertahankan gelar pupus sudah.

Petenis peringkat 2 dunia melaju ke semifinal turnamen akhir musim untuk kali keenam dalam kariernya dan masih mengincar gelarnya untuk kali pertama. Dengan kemenangan atas petenis berkebangsaan Yunani, ia mencatatkan 2-1 di Grup London 2020 setelah Dominic Thiem.

“Bisa berada di semifinal di turnamen ini, di turnamen terakhir pada musim ini, adalah hal yang penting. Saya senang akan hal itu dan saya menantikan laga semifinal melawan Daniil Medvedev,” seru Nadal.

Musim lalu, juara French Open musim 2020 mengalahkan Tsitsipas di laga terakhir fase grup setelah 2 jam 52 menit, tetapi ia tetap tereleminasi dari ATP Finals musim lalu. Kali ini, ia hanya membutuhkan satu kemenangan untuk terus melangkah dan meski ia kehilangan set kedua, ia tetap bisa mengklaim kemenangan setelah 2 jam 5 menit. Kemenangan tersebut membuat ia semakin unggul atas petenis peringkat 6 dunia dengan 6-1.

“Saya tetap memenangkan dua pertandingan seperti musim lalu,” tambah Nadal. “Musim lalu, saya sedikit tidak beruntung untuk bisa berada di semifinal. Musim sebelumnya lagi, saya harus mengundurkan diri. Rasanya selalu sulit untuk bertanding di sini melawan petenis terbaik dunia pada akhir musim.”

“Biasanya, anda tiba di sini dengan sedikit merasa lelah, tetapi musim ini sedikit berbeda. Saya hanya merasa senang bisa berada di semifinal dan saya berharap saya bisa siap untuk mengerahkan kemampuan terbaik.”

Setelah kedua petenis masing-masing mengklaim kemenangan di dua set pertama, set penentu dibuka dengan tiga peluang break secara beruntun dan Nadal harus berjuang keras dari kedudukan 0/30, 2-1 sebelum mempertahankan servisnya sebelum memenangkan set penentu dengan backhand winner yang menyentuh garis.

Dengan kekalahan tersebut, harapan Tsitsipas untuk menjadi petenis termuda kedua yang mempertahankan gelar ATP Finals pupus sudah, sementara di babak empat besar, Nadal akan menantang petenis berkebangsaan Rusia, Medvedev yang memuncaki Grup Tokyo 1970.

Artikel Tag: Tenis, ATP Finals, Rafael Nadal, Stefanos Tsitsipas

864  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini