Aktivis Unjuk Rasa di Markas Paris 2024, Khawatirkan "Pembersihan Sosial"

Penulis: Hanif Rusli
Selasa 31 Okt 2023, 09:23 WIB
Seruan dibuat untuk Paris 2024 dan pihak berwenang Prancis untuk melindungi para tunawisma yang rencananya akan direlokasi selama Olimpiade berlangsung. (Foto: Inside The Games)

Seruan dibuat untuk Paris 2024 dan pihak berwenang Prancis untuk melindungi para tunawisma yang rencananya akan direlokasi selama Olimpiade berlangsung. (Foto: Inside The Games)

Ligaolahraga.com -

Kekhawatiran telah disampaikan oleh para aktivis bahwa Olimpiade Paris 2024 akan mengarah pada "pembersihan sosial" terhadap orang-orang yang tinggal di jalanan di wilayah Ile-de-France.

Poster-poster dengan pesan "Sisi Lain dari Medali" dipasang di luar markas besar Komite Penyelenggara Paris 2024 di Saint-Denis, yang menyerukan perlindungan terhadap para tunawisma.

Papan-papan yang ditempelkan pada balok beton dan digantung pada tali itu merujuk pada moto Olimpiade - "Lebih Cepat, Lebih Tinggi, Lebih Kuat - Bersama" untuk menguraikan keprihatinan tersebut.

"'LEBIH CEPAT untuk mengosongkan Ile-de-France dari populasi yang tidak aman', 'LEBIH TINGGI terhadap eksploitasi pekerja tidak berdokumen', 'LEBIH KUAT dalam respon keamanan terhadap orang-orang di jalan'," bunyi poster tersebut.

Poster lainnya berbunyi: "BERSAMA mari kita tuntut agar orang-orang yang dikecualikan diperhitungkan."

Sebuah surat terbuka yang ditandatangani oleh lebih dari 70 organisasi non-pemerintah mengecam "pembersihan sosial" Olimpiade.

"Pengalaman acara olahraga besar di seluruh dunia menunjukkan risiko 'pembersihan sosial' di jalanan," tulis surat itu dalam laporan Agence France-Presse. "Hal ini telah menjadi prosedur standar bagi banyak kota tuan rumah Olimpiade sejak tahun 1980-an. Hingga saat ini, semuanya menunjukkan bahwa Olimpiade 2024 adalah bagian dari dinamika ini."

Pembongkaran kamp-kamp informal di Ile-de-France, pemindahan para tunawisma dan penggusuran rumah-rumah pekerja imigran merupakan beberapa keprihatinan yang diungkapkan oleh kelompok-kelompok tersebut.

"Pembersihan sosial di jalan-jalan Paris dan wilayah Ile-de-France telah dimulai," kata Paul Alauzy, juru bicara kelompok tersebut, kepada franceinfo. "Saya dapat mengutip pengusiran tempat tinggal 500 orang di Pulau Saint-Denis, di lokasi pembangunan Kampung Olimpiade. Lima tempat tinggal lainnya telah digusur."

"Penggusuran dari kamp-kamp migran terjadi setiap dua hingga tiga minggu dan orang-orang secara sistematis dikirim ke daerah-daerah," katanya lebih lanjut. "Tidak ada lagi tawaran pekerjaan di Ile-de-France."

Alauzy mengklaim bahwa Olimpiade adalah "akselerator" dari kebijakan-kebijakan yang merugikan para migran.

"Kami memiliki pusat kesehatan ... dan kami cukup yakin bahwa pusat kesehatan tersebut tidak akan dibuka atau diakses oleh populasi yang rentan selama Olimpiade berlangsung," tambah Alauzy.

"Ini adalah pusat penerimaan perawatan dan bimbingan, terbuka untuk semua orang yang tidak memiliki akses ke asuransi kesehatan dan pusat-pusat ini sering dikunjungi oleh 80 persen orang yang merupakan orang asing."

Awal tahun ini terungkap rencana untuk merelokasi para tunawisma di Ile-de-France ke "fasilitas regional sementara" di seluruh Prancis, membebaskan ruang bagi pengunjung Olimpiade 2024.

Hampir 5.000 kamar hotel di wilayah Paris saat ini digunakan untuk akomodasi darurat, dan para pemilik hotel ingin menggunakannya untuk para tamu Olimpiade dan Paralimpiade.

Menteri Olahraga Prancis, Amelie Oudea-Castera, sebelumnya mengatakan bahwa Olimpiade 2024 tidak boleh menjadi "kambing hitam" untuk masalah-masalah di negara ini.

Para tunawisma dilaporkan telah dipindahkan sebelum Olimpiade Beijing 2008 dan Rio 2016. Di China, orang-orang diduga dikirim kembali ke daerah asal mereka, sementara para pegiat Brasil mengatakan bahwa para tunawisma dipaksa keluar dari kawasan wisata di tengah malam. 

"Sebuah unjuk rasa oleh sekelompok asosiasi diadakan di sekitar markas Paris 2024 pada malam Minggu 29 Oktober," kata Paris 2024 kepada melalui sebuah pernyataan. 

"Kami memahami kekhawatiran asosiasi. Seperti yang telah ditunjukkan oleh pemerintah, ketegangan mengenai akomodasi darurat di Ile-de-France bukanlah hal yang baru dan telah menjadi lebih akut dalam beberapa bulan terakhir, terlepas dari Paris yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade tahun depan.

"Dengan semangat dialog dan mendengarkan, Paris 2024 akan mendekati para pemrotes untuk bertemu dengan perwakilan mereka dan mendiskusikan kekhawatiran mereka."

Artikel Tag: paris 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/aktivis-unjuk-rasa-di-markas-paris-2024-khawatirkan-pembersihan-sosial
1113  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini