Macron Janji Berenang Di Sungai Seine Yang Dibersihkan Untuk Paris 2024

Penulis: Hanif Rusli
Jumat 01 Mar 2024, 14:59 WIB
Presiden Prancis Emmanuel Macron (tengah) berkeliling kompleks baru yang akan menjadi tempat tinggal para atlet Olimpiade Paris 2024 pada Kamis (29/2).

Presiden Prancis Emmanuel Macron (tengah) berkeliling kompleks baru yang akan menjadi tempat tinggal para atlet Olimpiade Paris 2024 pada Kamis (29/2).

Ligaolahraga.com -

Presiden Prancis Emmanuel Macron dengan berani berjanji untuk berenang di Sungai Seine yang sedang dibersihkan untuk Olimpiade Paris 2024 saat ia berkeliling kompleks baru yang akan menjadi tempat tinggal para atlet pada hari Kamis (29/2).

Macron menyebut pengurangan polusi di Sungai Seine sebagai salah satu dampak positif jangka panjang Olimpiade Paris 2024.

Dia mencatat investasi "luar biasa" yang didanai oleh publik untuk membuat sungai tersebut - yang sebagian besar terlarang bagi para perenang sejak tahun 1923 - dapat digunakan kembali.

Ketika ditanya oleh seorang jurnalis apakah ia akan mandi di sungai tersebut, Macron menjawab, "Saya, ya, saya akan berenang di sana."

Namun dia tidak mengatakan kapan.

"Saya tidak akan memberi tahu Anda tanggalnya: Ada risiko Anda akan berada di sana," katanya.

Terlepas dari apakah dia benar-benar akan mengenakan celana renang, kunjungan Macron ke Desa Olimpiade dengan keamanan tinggi di masa depan berfungsi untuk menyoroti bagaimana Olimpiade Paris 2024 membantu mengubah beberapa lingkungan yang kurang beruntung di pinggiran kota Paris yang lebih miskin.

Itu menjadi kunjungan pertama Macron ke lokasi tersebut sejak Oktober 2021.

Desa ini terletak di pinggiran kota Saint-Denis, yang dikenal di dunia olahraga sebagai rumah bagi Stade de France, tempat tim sepak bola dan rugby nasional Prancis bermain.

Namun, daerah itu sendiri merupakan salah satu daerah termiskin di Prancis, dan terjadi kerusuhan tahun lalu setelah seorang polisi menembak mati seorang remaja keturunan Afrika Utara di pinggiran kota Paris.

Olimpiade Paris 2024 pada 26 Juli-11 Agustus dan Paralimpiade pada 28 Agustus-8 September yang akan datang dapat membantu meningkatkan prospek dan meninggalkan warisan yang langgeng - bagi penduduk setempat dan lingkungan.

Desa ramah lingkungan itu menghasilkan hampir 2.000 lapangan kerja, dengan 1.136 di antaranya diperuntukkan bagi penduduk setempat.

Pembangunan ini menghabiskan biaya sekitar 2 miliar euro ($2,2 miliar), sebagian besar merupakan investasi dari para pengembang properti dan juga termasuk 646 juta euro ($700 juta) dari dana publik.

Perusahaan konstruksi Olimpiade, Solideo, menyerahkan desa tersebut kepada penyelenggara Olimpiade Paris pada hari Kamis kemarin, secara simbolis menyerahkan sebuah kunci besar, dengan disaksikan oleh Macron.

"Ini adalah hari yang sangat besar," kata Macron. "Ini adalah demonstrasi bahwa Prancis adalah bangsa pembangun."

Di kota yang berulang kali dilanda serangan ekstremis yang mematikan, keamanan merupakan tantangan terbesar bagi penyelenggara saat mereka mempersiapkan Paris untuk Olimpiade 26 Juli-11 Agustus dan Paralimpiade 28 Agustus-8 September.

"Jelas, ini sudah menjadi obsesi sejak awal." Kata Macron. "Kami memiliki banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan sebelumnya."

Artikel Tag: paris 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/macron-janji-berenang-di-sungai-seine-yang-dibersihkan-untuk-paris-2024
541  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini