Menengok Desa Atlet Untuk Olimpiade Paris 2024 Yang Dulunya Daerah Kumuh

Penulis: Hanif Rusli
Jumat 01 Mar 2024, 15:17 WIB
Tempat tidur atlet untuk Olimpiade Paris 2024 terbuat dari kardus namun dapat menahan berat maksimum 250 kg. (Foto: AP)

Tempat tidur atlet untuk Olimpiade Paris 2024 terbuat dari kardus namun dapat menahan berat maksimum 250 kg. (Foto: AP)

Ligaolahraga.com -

Ketika Presiden Prancis Emmanuel Macron meresmikan desa Olimpiade pada hari Kamis (29/2), ia akan melihat daerah yang dulunya kumuh diubah menjadi pusat internasional untuk Olimpiade Paris 2024.

Desa ini terletak di pinggiran kota Saint-Denis, yang dikenal di dunia olahraga sebagai rumah bagi Stade de France, tempat tim sepak bola dan rugby nasional Prancis bermain.

Namun, daerah itu sendiri merupakan salah satu daerah termiskin di Prancis, dan terjadi kerusuhan tahun lalu setelah seorang polisi menembak mati seorang remaja keturunan Afrika Utara di pinggiran kota Paris.

Olimpiade Paris 2024 pada 26 Juli-11 Agustus dan Paralimpiade pada 28 Agustus-8 September yang akan datang dapat membantu meningkatkan prospek dan meninggalkan warisan yang langgeng - bagi penduduk setempat dan lingkungan.

Pembangunan desa ramah lingkungan ini menghasilkan hampir 2.000 lapangan kerja, dengan 1.136 di antaranya diperuntukkan bagi penduduk setempat.

Itu menjadi kunjungan pertama Macron ke lokasi tersebut sejak Oktober 2021. Peresmian hari Kamis melihat perusahaan konstruksi tempat Olimpiade Paris, Solideo, menyerahkan kunci desa kepada penyelenggara Olimpiade Paris 2024.

Desa ini menelan biaya sekitar 2 miliar euro ($ 2,2 miliar), sebagian besar merupakan investasi dari pengembang properti, tetapi juga termasuk 646 juta euro ($ 700 juta) dari dana publik.

Berikut ini adalah beberapa aspek penting dari desa tersebut.

AKOMODASI

Lebih dari 14.000 atlet dan ofisial akan menginap di sini untuk Olimpiade dan 9.000 untuk Paralimpiade Paris 2024.

Sebanyak 45.000 kunci akan diserahkan pada tanggal 1 Maret dan para atlet mulai berdatangan pada tanggal 12 Juli.

Akan ada lima area hunian yang masing-masing dinamai sesuai dengan nama daerah terkenal di Paris: Abbesses, Bastille, Dauphine, Étoile, Fêtes.

Ukuran apartemen bervariasi namun dapat menampung maksimal delapan orang, dengan dua orang per kamar dan satu kamar mandi untuk empat orang.

Tempat tidurnya terbuat dari kardus namun dapat menahan berat maksimum 250 kilogram (sekitar 550 pon).

Tempat tidur ini dirancang untuk Olimpiade Tokyo, dan direktur desa Laurent Michaud mengatakan bahwa tempat tidur ini akan didaur ulang setelah Olimpiade Paris 2024 untuk "memberi mereka kehidupan baru."

Ketinggian tempat tidur yang ditinggikan juga membantu para atlet paralimpiade.

"Orang-orang yang menggunakan kursi roda sebenarnya dapat melakukan perpindahan dari kursi roda ke tempat tidur dengan mudah," kata Michaud kepada AP. "Hal yang sama untuk aksesibilitas nakas dan ketinggian colokan listrik, (yang) lebih tinggi dari biasanya.

Sebagai bonus, para atlet dapat menyimpan selimut mereka yang dapat dibalik: sisi biru untuk Olimpiade, sisi hijau untuk Paralimpiade.

DUNIA AKAN DATANG UNTUK MAKAN

Bagaimana cara memberi makan begitu banyak atlet dari begitu banyak tempat setiap saat?

Nah, ruang makan utama buka 24/7, berkapasitas 3.260 orang dan menyajikan 40.000 hidangan setiap hari.

Koki eksekutif Charles Guilloy menyebutnya "menyambut dunia di meja kami."

Hidangan Prancis dan Asia, serta makanan Karibia dan Afrika, tersedia di sini, bersama dengan pilihan lainnya.

"Restoran ini merupakan jantung dari desa ini," kata Guilloy kepada AP. "Ini juga merupakan tempat yang tepat untuk berbagi, dan memasak adalah momen berbagi."

Ada restoran lain yang lebih kecil yang terletak di L'Île-Saint-Denis, yang juga menjadi tempat tinggal para atlet dan dihubungkan dengan sebuah jembatan.

PEKERJAAN KONSTRUKSI

Sejak konstruksi dimulai lebih dari tiga tahun yang lalu, telah terjadi 28 cedera serius pada pekerja di seluruh lokasi Olimpiade Paris 2024 tanpa ada korban jiwa, kata kepala operasi Solideo, Yann Krysinski.

"Tentu saja, jumlah itu terlalu banyak, tapi itu jauh lebih sedikit dari yang kami harapkan berdasarkan statistik di lapangan," kata Krysinski kepada AP di lokasi. "Kami bertemu dengan para CEO dari semua perusahaan konstruksi untuk memastikan bahwa mereka akan menyediakan kondisi yang paling aman."

WARISAN DAN LINGKUNGAN

Mengurangi jejak karbon adalah tujuan dalam memilih untuk menggunakan bahan dan sumber daya alami.

"Sebagian besar bangunan memiliki struktur atau lantai yang terbuat dari kayu," kata Krysinski.

Air dingin alami dari kedalaman 70 meter akan disirkulasikan di lantai bangunan untuk mengurangi suhu di apartemen - sangat disambut baik di bulan Agustus yang panas, dan terutama tanpa pendingin ruangan karena masalah lingkungan.

Setelah kedua Olimpiade Paris 2024, 6.000 orang akan menggunakan apartemen di area pemukiman baru. Kawasan ini akan memiliki dua sekolah, dinding anti-bising untuk melindunginya dari jalan raya yang sibuk, jalur sepeda menuju Paris, dan jembatan baru yang melintasi Sungai Seine.

Ruang perkantoran juga akan digunakan oleh 6.000 pekerja.

MENJAGA KEBUGARAN TUBUH

Untuk membantu membakar kelebihan kalori dari kantin raksasa, sebuah pusat kebugaran utama memiliki lebih dari 350 mesin dan dua sauna, yang juga dapat membantu para atlet mengontrol berat badan mereka.

Selain itu, terdapat tujuh tempat latihan lain yang didedikasikan untuk disiplin ilmu tertentu seperti angkat besi, pentathlon modern, anggar, dan basket kursi roda.

Ada juga rumah sakit di lokasi dan pusat anti-doping.

Untuk berkeliling desa, tersedia 200 sepeda serta angkutan listrik.

Di titik pertemuan serbaguna yang disebut Village Plaza, para atlet dapat menikmati kopi, potong rambut, berbelanja bahan makanan, mengirim surat, menarik uang tunai, atau menonton Olimpiade Paris 2024 secara langsung di layar raksasa.

Artikel Tag: paris 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/menengok-desa-atlet-untuk-olimpiade-paris-2024-yang-dulunya-daerah-kumuh
371  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini